Pada saat ini sangat banyak sekali universitas yang membuka program studi yang lebih mengarah kepada lingkup teknik seperti Teknik Sipil, Teknik Mesin, Teknik Informatika dan program studi yang lainya, dengan itu maka semakin banyak pula mahasiswa teknik yang bergabung. Namun setelah dipelajari bahwa saat ini ternyata masih banyak Program Studi yang belum terakreditasi nasional dari BNPT maupun akreditasi internasional.

Pada saat ini saja program studi di beberapa universitas di Indonesia hanya baru sekitar 60% yang terakreditasi nasinoal dan 10% yang telah terakreditasi internasional. Hal ini sangatlah perlu di lakukan peningkatan statistik untuk dapat menambah level keakreditasan program studi di beberapa universitas dan dapat mempermudah mahasiswa untuk mencari kerja setelah lulus dengan status keakreditasian dari dunai akademik program studi yang telah ia lalui.

Hal ini yang menjadi tujuan dari Fakultas Teknik untuk mengadakan Sosialisasi Akreditasi Internasional dari Indonesian Accreditation Board for Engineering Education (IABEE) dengan narasumber Berlian Kushari, S.T., M.T.

Dalam sosialisasi tersebut dijelaskan bahwa proses, aturan, manfaat dan tujuan dari pelaksanaan akreditasi internasional. Selain itu narasumber menjelaskan bahwa proses akreditasi ini sangat penting karena untuk mempersiapkan persaingan bagi mahasiswa untuk menghadapi dunia kerja dan ini baru sekitar 10 universitas di Indonesia yang memiliki program studi terakreditasi internasional.