DSC_0358

Hari Jumat (22/4/2016) Jurusan Teknik Informatika mengadakan workshop mobile hybrid application dengan pembicara dari dunia industri yakni PT. Git Solution (GITS). PT. GITS merupakan perusahaan IT badan usaha dari STMIK AMIKOM Yogyakarta , instansi pemerintah maupun swasta untuk kebutuhan terhadap : (1) Pembuatan Blueprint IT, (2) Audit terhadap implementasi IT, (3) Analisis dan Desain Sistem Informasi, (4) Perancangan dan Pembuatan Website, (5) Training dan Sertifikasi bidang IT, (5) Desain Grafis dan Multimedia, (6) Perancangan dan Pembuatan Aplikasi Mobile (Android, IOS, Window Phone), serta (7) Pembuatan Games sebagai media promosi/informasi.

DSC_0395

Tema yang diusung yakin Mobile Hybrid. Mobile hybrid adalah aplikasi web yang ditransformasikan menjadi kode native pada platform seperti iOS atau Android. Aplikasi hybrid biasanya menggunakan browser untuk mengijinkan aplikasi web mengakses berbagai fitur di device mobile seperti Push Notification, Contacts, atau Offline Data Storage. Beberapa tools untuk mengembangkan aplikasi hybrid antara lain Phonegap, ionic framework, intel xdk dan lain-lain. Keuntungan membangun aplikasi hybrid diantaranya pemeliharaan project menjadi semakin mudah jika dibandingkan dengan aplikasi native. Aplikasi hybrid juga, bisa dibangun secara cepat untuk keperluan cross platform dan dana yang bisa menjadi lebih hemat jika dibandingkan dengan native.

Dengan adanya workshop tersebut diharapkan mahasiswa teknik informatika memiliki pengetahuan mengenai teknologi mobile hybrid, dan teknologi yang digunakan oleh dunia industri atau perusahaan IT saat ini. Sehingga mahasiswa jurusan teknik informatika nantinya dapat beradaptasi dengan perkembangan teknologi mobile apps yang ada.

DSC_0457 DSC_0460