Menjelang perayaan lebaran, banyak warga kota besar seperti Jakarta yang merayakan Idul Fitri, berbondong-bondong melakukan mudik atau pulang kampung. Bagi Anda yang ingin melakukan perjalanan mudik, banyak hal yang perlu diperhatikan dan dipersiapkan agar perjalanan jauh Anda terasa aman, nyaman dan menyenangkan. Beberapa hal berikut perlu dipersiapkan agar perjalanan Anda aman dan menyenangkan.

Pertama, lakukan tune up mesin. Pastikan kondsi mobil Anda fit untuk perjalanan jauh. Ganti semua cairan di ruang mesin untuk memastikan kinerjanya, mulai dari oli mesin, minyak rem, freon AC hingga air radiator.

Yang kedua, pastikan aki mobil Anda sehat. Mobil masa kini semakin mengandalkan tenaga listrik dalam menjalankan tenaga listrik dalam menjalankan suatu komponen, sehingga aki harus selalu sehat.

Ketiga, periksa ban. Kondisi ban sangat vital karena satu-satunya komponen yang bersentuhan langsung dengan permukaan jalan. Pastikan tapak ban berada dalam taraf aman. Caranya dengan melihat tread wear indicator (TWI). Jika kembangan kurang dari 1.6 mm sebaiknya ganti dengan yang baru.

Keempat, siapkan peralatan darurat. Tak ada yang menginginkan masalah, namun siapkan dir bila hal tersebut terjadi. Persiapkan alat-alat darurat seperti kunci-kunci darurat, senter, segitiga pengaman dan kotak P3K. Catat pula nomor telepon penting seperti bengkel terdekat ataupun pos polisi.

Kelima, aturlah tas dan barang bawaan Anda secara efisien. Usahakan tidak ada ruang kosong saat menumpuk tas atau barang bawaan Anda. Barang yang memiliki kemungkinan sangat besar dibutuhkan saat dalam perjalanan, diletakkan di tempat atau posisi yang paling mudah dikeluarkan. Hal ini dilakukan supaya tidak perlu bongkar muat tiap kali butuh sesuatu.

Waktu untuk melakukan perjalanan juga harus diperhitungkan. Jika Anda berkendara di siang, hari cuaca panas sepanjang jalur mudik akan sangat tidak nyaman. Dengan memakai kaca film V-KOOL® anda akan berkendara lebih nyaman karena kabin kendaraan lebih sejuk.

Memakai V-KOOL® dapat mengurangi penggunaan penyejuk udara (AC) untuk mendinginkan mobil. Pengurangan penggunaan AC berarti mengurangi beban mesin kendaraan. Kaca film V-KOOL®, dapat meningkatkan efisiensi bahan bakar mobil anda sebanyak 3 persen.

Jika Anda tak nyaman bepergian di pagi hari atau siang hari, karena memang akan terbentur pada kemacetan, tak ada salahnya Anda berangkat malam hari. Meskipun terhindar dari macet, namun berkendara di malam hari menuntut kewaspadaan lebih tinggi karena pencahayaan yang kurang bagus di sepanjang jalur mudik. Untungnya, kaca film V-KOOL® mempunyai kejernihan sempurna, sehingga tidak mengurangi daya pandang pengendara sehingga perjalanan malam hari akan tetap nyaman.

sumber : [ilink url=”http://otomotif.news.viva.co.id/news/read/428280-tips-mudik-aman-dan-menyenangkan”]Viva News[/ilink]