IMG-20150918-WA0007

Dalam rangka untuk meningkatkan penalaran akademik mahasiswa dan mengasah kemampuan mahasiswa di dalam program penelitian dan pengembangan Ipteks, maka Jurusan Teknik Mesin Universitas Janabadra (JTM-UJB) mengadakan acara sosialisasi program kreativitas mahasiswa (PKM). Program yang diselenggarakan oleh Ditjen Dikti ini bertujuan untuk meningkatkan mutu para mahasiswa agar kelak setelah lulus nantinya dapat menerapkan, menyebarkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi kepada masyarakat.

Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa JTM-UJB dari berbagai angkatan yang berminat untuk mengajukan proposal PKM. Acara yang berlangsung pada tanggal 15 September 2015 dan bertempat di Ruang 1.21 Fakultas Teknik UJB ini dibuka oleh Sekretaris Jurusan Teknik Mesin UJB, Drs. Sukoco, M.Pd., M.T. Sementara materi sosialisasi PKM disampaikan oleh Dr. Eng. Mochamad Syamsiro, Dosen di Jurusan Teknik Mesin UJB. Dalam sambutannya, Drs. Sukoco, M.Pd., M.T. menyampaikan bahwa JTM-UJB mulai menggalakan dan mendorong para mahasiswa untuk mengikuti program PKM mulai tahun ini. Harapannya akan banyak proposal yang masuk dari JTM-UJB dan nantinya banyak yang lolos dan mendapatkan pendanaan dari Dikti.

Sementara itu, Dr. Syamsiro menjelaskan apa itu program PKM, dari sejarahnya hingga pada bagaimana mengajukan proposal PKM. Dari pengalaman beliau mengikuti PKM ketika menjadi mahasiswa dulu hingga bisa lolos PIMNAS di UI, banyak hal yang bisa diambil manfaatnya bagaimana tips dan triknya untuk bisa lolos PKM. Program PKM adalah program insentif dari Dikti dimana mahasiswa diminta mengajukan proposal untuk kemudian diseleksi oleh Tim Dikti dan yang lolos akan mendapatkan pendanaan sebesar maksimal 12,5 juta. Kemudian setelah implementasi PKM, hasil produk PKM yang terbaik akan terpilih untuk mengikuti Pekan Ilmiah Mahasiswa (PIMNAS) yang tempatnya bergantian setiap tahunnya. Untuk tahun ini tuan rumah PIMNAS adalah Universitas Haluoleo Kendari, Sulawesi Tenggara.

Ada berbagai skim yang ditawarkan program PKM antara lainPKM Penelitian, PKM Penerapan Teknologi, PKM Kewirausahaan, PKM Pengabdian Masyarakat dan PKM Karsa Cipta. Mahasiswa diperkenankan memilih secara bebas program PKM yang akan diikuti sesuai dengan ide dan gagasan yang muncul dari hasil diskusi dan penelaahan. Kegiatan PKM ini juga didukung oleh para dosen dengan komitmennya untuk membimbing para mahasiswa.

IMG-20150918-WA0006