Mengajar

Kebutuhan akan tenaga kerja terampil untuk memenuhi kebutuhan industri semakin tinggi seiring dengan semakin tumbuh dan berkembangnya sector industri di Indonesia. Sehingga peran pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan untuk melatih dan mendidik tenaga terampil dengan skill yang tinggi menjadi suatu keharusan. Hal inilah yang memotivasi salah satu alumni Jurusan Teknik Mesin Universitas Janabadra (JTM-UJB), Ari Kustiandi Ariffien, S.T., M.T. untuk mengabdikan ilmu dan kemampuannya menjadi Instruktur di Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Dalam Negeri (BBPLKDN) Bandung yang berada di bawah Direktorat Jenderal BINALATTAS Kementerian Ketenagakerjaan. Beliau menamatkan studi sarjananya di JTM-UJB pada tahun 2006.

Pria yang punya hobi mendaki gunung ini memulai karirnya di BBPLKDN Bandung dengan menjadi Instruktur Ahli Pertama pada tahun 2009 hingga mencapai posisinya sekarang sebagai Instruktur Ahli Muda sejak tahun 2012. Menjadi pegawai negeri sipil (PNS) di BBPLKDN sebagai instruktur membuat beliau terus berusaha mengasah kemampuan dan menimba ilmunya hingga akhirnya juga mendapat gelar magister (S2) dari Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 2013, suatu prestasi yang patut dibanggakan dapat lulus dari kampus teknik terbaik di Indonesia.

Sebelum bergabung di BBPLKDN, pria kelahiran Tasikmalaya 35 tahun silam ini sempat bekerja di beberapa perusahaan, diantaranya di Sibelco Lautan Mineral sebagai asisten supdata Eervisor quality control, kemudian di Subur Jaya Teguh, perusahaan suku cadang otomotif dan di Mustika Memadata, kontraktor mechanical dan electrical (ME).

Hal ini tentunya didukung dengan skill dan ilmunya yang pernah didapat ketika menempuh pendidikan di Jurusan Teknik Mesin UJB. Dari mulai mata kuliah-mata kuliah yang diikutinya selama studi hingga kemudian mengambil tugas akhir tentang perancangan pompa di bawah bimbingan Dr. Eng. Mochamad Syamsiro dan Ir. Nuryosuwito, M.Eng. Berbagai pelatihan lanjutan pun diikutinya antara lain pelatihan simulator CNC Swansoft, steering and brake system, high speed machining, dan lain-lain. Saat ini beliau juga menjadi dosen di sekolah tinggi swasta dan juga asesor kompetensi.

 

Wisuda

Di Kantor

Hobby