Bimtek

Bimbingan Teknis Pelaksana Lapangan Pekerjaan Jalan diselenggarakan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Janabadra Yogyakarta bersama Satuan Kerja Pelaksana Pelatihan Konstruksi Wilayah DI Yogyakarta. Kegiatan tersebut merupakan kerjasama antara Universitas Janabadra Yogyakarta dengan Pusat Pembinaan Kompetensi dan Pelatihan Konstruksi (Pusbin KPK) Badan Pembinaan Konstruksi (BPK) Kementerian Pekerjaan Umum (PU) tentang Peningkatan Kompetensi Tenaga Kerja Teknik Bidang Jasa Konstruksi yang telah dilaksanakan tahun 2011.

Bimbingan teknis atau pelatihan berbasis kompetensi adalah pelatihan kerja yang menitikberatkan pada penguasaan kemampuan kerja yang mencakup pengetahuan, ketrampilan, dan sikap kerja yang sesuai dengan standar kompetensi yang ditetapkan dan persyaratan di tempat kerja.

Kegiatan dilaksanakan selama selama 3 hari dari tanggal 25 s.d 27 Juni 2013 di Kampus Pingit Universitas Janabadra, dengan peserta sejumlah 30 orang yang berasal dari alumni dan mahasiswa. Teknis pelaksanaan untuk Fakultas Teknik dilaksanakan oleh Jurusan Teknik Sipil bersama dengan Lembaga Pendidikan dan Pelatihan Janabadra (LP2J) yang dibantu oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Teknik Sipil Universitas Janabadra.

Kegiatan di atas sejalan dengan visi misi Jurusan Teknik Fakultas Teknik Universitas Janabadra yaitu membekali lulusan agar siap kerja sesuai kompetensi di bidang jasa konstruksi dan merupakan wujud pelakasanaan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi  yaitu pengabdiaan masyarakat.

Instruktur dari kegiatan ini berasal dari dosen Jurusan Teknik Sipil UJB, Himpunan Pengembangan Jalan (HPJI), Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi Daerah DIY (LPJKD DIY), dan Badan Pembinaan Konstrukasi (Bapekon) Kementerian Pekerjaan Umum (PU). Adapun materi pelatihan meliputi K3, Komunikasi di Tempat Kerja, Pekerjaan Drainase, Tanah, Perkerasan Berbutir, Aspal, Beton Semen, Perlengkapan Jalan, dan yang terakhir dilakukan kunjungan lapangan di proyek pekerjaan jalan Magelang dan Pengasih Kulon Progo. Instruktur yang terlibat yaitu Zuhdan Muzayyan, S.T., Ir. Sri Wuryaningsih, Titiek Widyasari, S.T., M.T., Dr. Ir. Suharjanto, MSCE, Prijambodo, S.T., M.T., Joko Prakoso, S.T., M.T., Dr. Nindyo Cahyo K., S.T., M.T., Sardi, S.T., M.T., dan Bambang Utoyo, B.E.

Acara pembukaan dilakukan bersama-sama karena merupakan kegiatan kerjasama antara Satuan kerja Pelaksana Pelatihan Konstruksi Wilayah DI Yogyakarta dengan Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Janabadra dan BLPT & SMKN 3 Yogyakarta. Pembukaan dilaksanakan di Kantor Pusat Informasi Pengembangan Pemukiman dan Bangunan (PIP2B). Dalam sambutannya Rektor UJB menyatakan bahwa kegiatan pelatihan ini diharapkan dapat membekali mahasiswa sebagai calon pelaksana konstruksi untuk lebih siap di dunia kerja nantinya. Untuk Jurusan Teknik Sipil pada khususnya, dapat diterapkan kurikulum yang berbasis kompetensi yang mengarah ke profesionalitas.

unduh press release bimtek

 

Sumber :

Ketua Jurusan Teknik Sipil FT UJB :  Titiek Widyasari, S.T., M.T.

HP 08122780599,

email : [ilink url=”titiekwidyasari@janabadra.ac.id”]titiekwidyasari@janabadra.ac.id[/ilink]