Info Fakultas
Rabu, 29 Mar 2023
  • Pelayanan Pengajaran Fakultas Teknik buka pukul 9.00-15.00

Sambutan Dekan Fakultas Teknik

Diterbitkan :

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh,
Salam kebangsaan…..
Selamat datang di website resmi Fakultas Teknik Universitas Janabadra. Website ini merupakan media informasi yang berkaitan dengan Fakultas Teknik Universitas Janabadra (FT UJB).
Fakultas Teknik Universitas Janabadra (FT UJB) merupakan salah satu fakultas diantara 4 fakultas yang dimiliki Universitas Janabadra. FT UJB berdiri sejak tahun 1969, diawali oleh Prodi Teknik Sipil, kemudian Prodi Teknik Mesin pada tahun 1996, Prodi Teknik Informatika pada tahun 2002 dan tahun 2020 berubah nama menjadi Prodi Informatika. Magiter Teknik Sipil berdiri tahun 2011. Saat ini semua Prodi yang ada di bawah naungan FT UJB telah terakreditasi yaitu Teknik Sipil (Akreditasi Baik Sekali), Teknik Mesin (Akreditasi B), Informatika (Akreditasi Baik Sekali) dan Magister Teknik Sipil (Akreditasi B).
Perguruan tinggi menjadi tempat mengolah, mengasah, menguatkan, dan mengembangkan potensi, keilmuan, serta karakter mahasiswa sehingga menjadi sumber daya manusia yang inovatif dan berdaya saing global. Oleh karena itu dalam menjalankan fungsinya FT UJB mempunyai visi : “Fakultas Teknik yang berorientasi masa depan yang bertumpu pada upaya penguatan wawasan kebangsaan dalam penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga dapat menjadi fakultas yang unggul dan berdaya saing di dunia kerja.” Dalam mencapai visinya tersebut, FT UJB telah menyusun rencana strategis lima tahun ke depan yang tertuang dalam Renstra FT 2021-2026. Kami berupaya melanjutkan apa yang telah dirintis oleh para pendahulu kami, menyempurnakan hal-hal yang sudah baik, dan memperbaiki kekurangan untuk menjadi lebih baik. Untuk itu, kami mengoptimalkan upaya yang terintegrasi dalam membangun kapasitas dan meningkatkan kinerja civitas akademika yang sejalan dengan visi dan misi Universitas Janabadra dan selaras dengan ekspektasi realita terkini untuk kemajuan bangsa, dengan senantiasa memohon petunjuk dan pertolongan Yang Maha Kuasa.
Dalam perjalanannya hingga saat ini, FT UJB telah berhasil meluluskan 2.799 lulusan, yang terdiri dari Program Sarjana 1.917 dari Teknik Sipil, 669 dari Teknik Mesin, 225 dari Informatika, dan lulusan Magister Teknik Sipil sebanyak 66. Alumni FT UJB telah banyak berperan aktif dalam membangun bangsa dan negara Indonesia dengan berbagai profesi baik sebagai dosen, ASN, birokrat, BUMN, enterpreneur, pegawai swasta dan sebagainya.
Akhir kata, semoga Allah Subhanahu Wa Ta’ala selalu melindungi kita, melimpahkan rahmat dan hidayahNya kepada kita semua untuk mengantarkan generesi unggul membangun bangsa dan negara Indonesia yang kita cintai bersama.
Wassalamu’alaikum warohmatullohi wabarokatuh

Admin FTUJB

Tulisan Lainnya