Training Inventor

Dalam rangka untuk meningkatkan kemampuan dosen-dosennya dalam hal rancang bangun dan desain permesinan, maka Jurusan Teknik Mesin Universitas Janabadra (JTM-UJB) mengirimkan beberapa dosennya untuk mengikuti Training Autodesk Inventor yang diselenggarakan oleh Badan Kerja Sama Teknik Mesin Indonesia (BKSTM). Ada tiga orang dosen yang dikirim yaitu Ir. Juriah Mulyanti, M.Sc., Dr. Eng. Mochamad Syamsiro, dan Untoro Budi Surono, S.T., M.Eng.
Training Inventor kali ini diselenggarakan di Kampus UMY selaku tuan rumah dan diikuti oleh dosen-dosen Jurusan Teknik Mesin dari berbagai kampus di seluruh Indonesia mulai dari Sumatera, Jawa dan Kalimantan. Pelatihan yang berlangsung selama tiga hari mulai tanggal 3 – 5 Juni 2015 ini menghadirkan Instruktur langsung dari Autodesk, Bapak Leonardy.
Selama tiga hari para peserta diajarkan tentang dasar-dasar penggunaan software Autodesk Inventor untuk desain dan rancang bangun komponen permesinan, assembling hingga gambar drawing. Software Inventor ini sangat bermanfaat sekali bagi para mahasiswa di dalam merancang komponen-komponen mesin khususnya untuk rancangan tiga dimensi.
Ke depan, Jurusan Teknik Mesin UJB akan mengembangkan laboratorium desain dan perancangan dengan memanfaatkan alat bantu software, salah satunya Autodesk Inventor ini. Diharapkan juga para lulusan teknik mesin mempunyai keterampilan penggunaan software Inventor dan mempunyai sertifikat pendamping sebagai bagian dari pengembangan kurikulum berbasis KKNI.