Info Fakultas
Saturday, 18 May 2024
  • Pelayanan Pengajaran Fakultas Teknik buka pukul 9.00-15.00

Dosen Teknik Mesin FT UJB Menjadi Pembicara pada International Summer School di UNDIP

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Semarang, 4 Agustus 2023 – Salah satu Dosen di Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Janabadra Yogyakarta (JTM-UJB), Dr. Eng. Mochamad Syamsiro, telah berkesempatan menjadi pembicara pada International Summer School yang diselenggarakan oleh Departemen Teknologi Industri, Sekolah Vokasi, Universitas Diponegoro (UNDIP) Semarang. Acara bergengsi yang mengangkat tema “Discovering Sustainable Green Energy Technology” ini berlangsung selama 5 hari, mulai tanggal 31 Juli hingga 4 Agustus 2023.

Dr. Syamsiro memberikan materi pada tanggal 31 Juli 2023 dengan tema “Energy from Waste: The Sustainable Solution for Both Managing Waste and Generating Energy”. Tema ini dipilih karena saat ini tengah menjadi topik hangat yang banyak dibicarakan, terutama terkait penutupan Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Piyungan di Jogja, yang menyebabkan warga dan sekitarnya menghadapi kesulitan dalam membuang sampah akibat kondisi TPA Piyungan yang sudah penuh tidak dapat lagi menampung sampah.

Selain Dr. Syamsiro, Summer School ini juga menghadirkan pembicara lain yang sangat kompeten di bidangnya. Di antaranya adalah Prof. Seiji Fujiwara, Ph.D dari National Institute of Technology Akashi College, dan Dr. Khalil Al-Yakoob dari Ortec Group, Colomiers, Perancis. Kegiatan ini telah menjadi even tahunan yang diadakan oleh Sekolah Vokasi UNDIP dan diikuti oleh mahasiswa dari berbagai negara.

Dr. Syamsiro, yang juga menjabat sebagai Dekan di Fakultas Teknologi Informasi, UNU Yogyakarta, menyatakan bahwa acara tersebut merupakan langkah awal untuk menjalin kolaborasi riset antara UJB dan Sekolah Vokasi UNDIP dalam pengembangan teknologi energi dari sampah dan biomassa. Harapannya, hasil riset dari kolaborasi ini dapat menjadi salah satu solusi untuk mengatasi masalah darurat sampah di kota Jogja dan kota-kota lain yang menghadapi tantangan serupa.

Summer School kali ini menjadi ajang pembelajaran dan kolaborasi antarbidang yang sangat penting. Dengan mengangkat tema energi hijau dan berkelanjutan, peserta diharapkan dapat memperoleh pemahaman yang lebih mendalam tentang potensi teknologi hijau yang dapat mengatasi masalah sampah dan menghasilkan energi ramah lingkungan. Semoga hasil riset dan kolaborasi yang dihasilkan dari acara ini dapat memberikan kontribusi positif bagi lingkungan dan masyarakat secara keseluruhan.

Acara tersebut juga menjadi wadah bagi para mahasiswa dari berbagai negara untuk saling bertukar pengetahuan dan pengalaman, serta memperluas jaringan dalam lingkup akademik. Keberhasilan acara ini merupakan cerminan dari komitmen dan kerja keras para pembicara dan panitia yang telah berusaha untuk menyelenggarakan even berkualitas tinggi dan bermanfaat bagi semua peserta.

Dengan semangat yang sama, harapan untuk melihat lebih banyak kegiatan serupa di masa depan semakin besar. Kolaborasi antara universitas dan institusi di berbagai bidang adalah kunci untuk menghadapi tantangan lingkungan dan energi yang semakin mendesak. Dengan langkah-langkah positif seperti ini, kita dapat bersama-sama menciptakan masa depan yang lebih baik dan berkelanjutan bagi generasi mendatang.