Info Fakultas
Saturday, 24 Feb 2024
  • Pelayanan Pengajaran Fakultas Teknik buka pukul 9.00-15.00

ATASI MASALAH SAMPAH DI JOGJA, PRODI TEKNIK MESIN UJB KEMBANGKAN SISTEM PENGOLAHAN SAMPAH MENJADI BAHAN BAKAR RDF (REFUSED DERIVED FUEL)

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Sampah saat ini telah menjadi persoalan serius di kota Yogyakarta dan sekitarnya dengan sering ditutupnya Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Sampah Piyungan dikarenakan kondisinya sudah penuh. Bahkan mulai tahun 2023 ini, jenis sampah yang hanya boleh dibuang di TPA Piyungan adalah jenis sampah organik. Untuk itulah Jurusan Teknik Mesin Universitas Janabadra Yogyakarta (JTM-UJB) melalui Center for Waste Management & Bioenergy tergerak untuk mengolah sampah di kota Yogyakarta untuk dijadikan bahan bakar padat RDF (Refused Derived Fuel).

Adalah Dr. Eng. Mochamad Syamsiro, salah satu Dosen di JTM-UJB yang telah berhasil mengembangkan sistem produksi bahan bakar padat RDF dengan metode greenhouse drying dan pembriketan. Menurut Dr. Syamsiro, sampah yang masuk pertama-tama dicacah terlebih dahulu untuk memperkecil ukuran. Setelah tercacah kemudian sampah dikeringkan menggunakan greenhouse dryer. Metode ini sangat efektif dan efisien karena tidak membutuhkan energi tambahan dari luar, berbeda dengan metode lainnya yang masih membutuhkan energi tambahan dari luar.

Indonesia sebagai negara tropis tentunya kaya sumber energi dari panas matahari. Energi inilah yang digunakan untuk proses pengeringan dengan sistem greenhouse untuk memaksimalkan panas yang bisa ditangkap dari sinar matahari. Setelah sampah kering, kemudian dilakukan proses pembriketan untuk pemadatan sampah menjadi RDF. RDF ini dapat digunakan sebagai bahan bakar pada industri semen, co-firing dengan batubara pada pembangkit listrik PLN maupun bahan bakar di industri lainnya.

Riset yang telah dimulai sejak tahun 2022 ini telah didanai oleh DRTPM Kemendikbudristek melalui skema riset penelitian dasar dan kedepan akan discale-up ke skala pilot dan komersial untuk dapat digunakan secara massif untuk mengatasi masalah sampah di kota Jogja maupun kota-kota besar lainnya di Indonesia. Lebih lanjut Dr. Syamsiro menambahkan, JTM-UJB sendiri memiliki Laboratorium Bioenergi yang fokus pada riset biomassa dan sampah menjadi sumber energi, baik itu listrik maupun bahan bakar. JTM-UJB juga melakukan banyak riset terkait bidang energi terbarukan seperti energi surya, mikrohidro dan angin. Sehingga para siswa yang ingin belajar tentang energi terbarukan, dapat mengambil kuliah di Jurusan Teknik Mesin UJB.

Sumber : Dr. Eng. Moch. Syamsiro