Info Fakultas
Saturday, 02 Mar 2024
  • Pelayanan Pengajaran Fakultas Teknik buka pukul 9.00-15.00

INFORMATIKA UNIVERSITAS JANABADRA GELAR EKSIBISI KARYA INOVASI MAHASISWA

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Eksibisi karya inovasi mahasiswa Informatika Fakultas Teknik Universitas Janabadra dari kelas Organisasi dan Arsitektur Komputer dengan dosen pengampu Bapak Sofyan Lukmanfiandy, S.Kom., M.Kom. sukses menghadirkan teknologi Internet of Thing (IoT). IOT merupakan salah satu teknologi yang saat ini berkembang pesat yang menerapkan konsep mengacu pada jaringan yang terdiri dari objek fisik yang terhubung dengan internet dan memiliki kemampuan untuk saling berkomunikasi dan bertukar data. Dalam IoT, objek-objek tersebut dapat berupa perangkat elektronik, sensor, peralatan rumah tangga, kendaraan, infrastruktur perkotaan, dan banyak lagi.
Mahasiswa Informatika Universitas Janabadra sukses menciptakan perangkat berbasis IoT yang diimplementasikan dalam berbagai aplikasi kehidupan sehari-hari diantaranya pendeteksi sampah organik & anorganik, pembersih debu di lantai, pendeteksi banjir, motorcycle security dan smart lock.

Kelas Technopreneur yang membekali mahasiswa untuk menjadi seorang technopreneur mutiti talenta juga berhasil berkreasi dengan manghasilkan berbagai platform :

  1. HomeFix (Platform Tukang Online)
  2. E-Warung (Platform belanja online dari warung sekitar)
  3. Animal Care (Platform belanja keperluan dan perawaran hewan peliharaan)
  4. SiDoiNikah (Platform buat undangan nikah digital custom)
  5. Virtual Reality
  6. E-Commerce Oleh-Oleh Makanan Khas Jogja, Souvenir Jogja, Batik Nusantara, Kerajinan berbahan dasar kulit reptil.

Eksisibisi ini digelar rutin setiap semester dan diharapkan karya-karya inovasi mahasiswa tersebut dapat bermanfaat untuk masyarakat luas dan mampu membekali mahasiswa untuk meningkatkan kompetensinya dan meningkatkan daya saing di dunia kerja nantinya.