Info Fakultas
Saturday, 02 Mar 2024
  • Pelayanan Pengajaran Fakultas Teknik buka pukul 9.00-15.00

Prodi Teknik Mesin Menyerahkan Bantuan Alat Produksi Keripik Hasil Rancangan Mahasiswa Kepada UMKM Kulompok Disabilitas “Diva Bangun” Sleman

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Kelompok disabilitas DIVA BANGUN. merupakan salah satu kelompok binaan dari  Jurusan Manajemen Universitas Janabadra dimana kegiatannya berupa UMKM yang tujuan pendiriannya adalah untuk meningkatkan kesejahteraan para anggota yang terdiri dari penyandang disabilitas di desa Bangunkerto, Turi, Sleman.Produk utama yang dihasilkan adalah dengan memanfaatkan aneka hasil bumi / pertanian yang ada di sekitar daerah Turi, yang selanjutnya diproses dan diolah menjadi kripik.  Salah satu kendala yang dihadapi pada proses pembuatan kripik adalah pada proses perajangan. Kendala tersebut selanjutnya dikomunikasikan ke Jurusan Teknik Mesin Fak.Teknik Universitas Janabadra untuk dapat membuat alat perajang yang dapat mengatasi kendala itu.

Ketua Jurusan Teknik Mesin menyampaikan bahwa peralatan tersebut merupakan produk hasil pembelajaran mahasiswa, yaitu Tugas Perancangan Mesin dengan dosen Pembimbing Sri Gati Hutomo,ST.,MT.. Diawali dari survey kebutuhan alat dalam hal ini adalah alat produksi yang dibutuhkan oleh UMKM kelompok disabilitas DIVA BANGUN sesuai dengan kendala yang dihadapi, selanjutnya dilakukan desain dan ditindak lanjuti dengan pembuatan alat hasil dari desain. Alat yang dihasilkan mahasiswa dari kegiatan Perancangan Mesin tersebut adalah perajang / pengiris bahan keripik, sesuai dengan komoditas yang ditekuni oleh UMKM kelompok disabilitas DIVA BANGUN.

Setelah alat tersebut jadi, sebelum diserah terimakan dilakukan proses ujicoba untuk memastikan bahwa alat telah sesuai dengan spesifikasi yang direncanakan yaitu :

Kapasitas                              : 50 kg / jam

Penggerak                            : Motor Listrik AC, 1 phase 250 W

Type Pengumpanan           : Semi Otomatis

Ketebalan                              : Adjustable

Bobot                                      : 25 kg

Bahan Rajangan                 : Variatif

Selanjutnya kegiatan penyerahan alat produksi keripik dilaksanakan pada hari Rabu tanggal 11 Januari 2023, bertempat di Balai Desa Bangunkerto, Turi, Sleman. Penyerahan alat dilakukan oleh Joko Winarno ST.,M.Eng, selaku Ketua Jurusan Teknik Mesin Fak. Teknik Universitas Janabadra , dan diterima oleh Ketua UMKM Kelompok Disabilitas “Diva Bangun”. Acara tersebut disaksikan secara langsung oleh Kepala Desa dan Sekretaris Desa Bangunkerto beserta staf. Hadir dari Universitas Janabadra adalah Dekan Fakultas Ekonomi, Nurwiyanto SE,MM., Kabid Pengabdian LP3M Universitas Janabadra, DR.Danang Sunyoto, Ketua Jurusan Manajemen, Dra.Kartinah MM. Sekretaris Jurusan Manajemen, Drs.Sonny Wicaksono MM, Sekretaris Jurusan Teknik Mesin Fak. Teknik Universitas Janabadra, Ir. Supriyanto,MT. serta Ka Lab Material Teknik, Ir.J.Yanti MSc. Hadir juga mahasiswa Jurusan Teknik Mesin yang merancang peralatan tersebut, serta mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Janabadra yang terlibat dalam pendampingan UMKM DIVA BANGUN. Alat perajang bahan produksi keripik yang merupakan hasil proses pembelajaran mahasiswa Jurusan Teknik Mesin FT Universitas Janabadra tersebut, diharapkan mampu meningkatkan kuantitas maupun kualitas produk dari UMKM kelompok disabilitas DIVA BANGUN, karena akan mampu menghasilkan produk dengan jumlah dan kondisi ketebalan kripik yang relatif stabil dan sesuai dengan kebutuhan yang pada akhirnya akan mampu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan anggota UMKM kelompok disabilitas DIVA BANGUN