Info Fakultas
Rabu, 29 Mar 2023
  • Pelayanan Pengajaran Fakultas Teknik buka pukul 9.00-15.00

Prodi Teknik Mesin Universitas Janabadra Berperan Aktif Memberikan Bantuan Spinner Kepada Industri Rumah Tangga “Mr.Bram”

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Salah satu wujud Pengabdian Kepada Masyarakat yang dilakukan oleh Prodi Teknik Mesin melalui mata kuliah Tugas Perancangan adalah merancang dan membuat produk rancang bangun yang bermanfaat bagi masyarakat. Tugas Perancangan Mahasiswa dengan dosen pembimbing Ir. Juriah Mulyanti, M.Sc (dosen tetap Fakultas Teknik Universitas Janabadra) adalah merancang dan memberikan bantuan spinner (mesin peniris minyak) kepada industri rumah tangga “Mr. Bram” di dusun Pergiwatu Wetan Desa Srikayangan, Kapanewon Sentolo Kabupaten Kulon Progo Propinsi Daerah Istrimewa Yogyakarta.
Spinner merupakan mesin yang berfungsi untuk meniriskan minyak yang terdapat pada produk makanan (proses pembuatan makanan dengan metode penggorengan) yang menggunakan putaran mesin sehingga minyak akan terlempar keluar dari makanan dan menyebabkan bobot makanan akan berkurang. Mesin spinner terdiri dari bagian mesin penggerak, pereduksi putaran dan bagian peniris makanan. Bagian peniris makanan terbuat dari bahan stainless sehingga makanan aman dari kontaminasi karat.
Spinner yang dibuat berbeda dengan kebanyakan spinner yang dijual di toko, spinner yang diserahkan terbuat dari bahan Stainless Steel. Kelebihan dari Spinner ini adalah memiliki saringan spinner dengan diameter lubang dan jarak antar lubang yang kecil sehingga menghasilkan lubang keluar minyak yang cukup untuk proses penirisan, selain itu dapat mencegah remahan bawang goreng keluar dari tabung spinner. “Tabung spinner juga dilengkapi dengan saluran minyak agar minyak hasil penirisan dapat ditampung dan dipergunakan kembali, selain itu juga dibuatkan meja disamping mesin.
Nur Afianto sebagai owner Mr. Bram menyampaikan bahwa setelah mendapatkan bantuan mesin spinner proses penirisan minyak menjadi lebih cepat dan maksimal sehingga menghasilkan produk yang lebih krispi dan rendah kandungan minykanya sehingga produk bawang gorengnya lebih awet dan tahan lama.