Info Fakultas
Kamis, 16 Sep 2021
  • Pelayanan Akademik selama PPKM dilakukan secara Online/ Daring kecuali hari Senin dan Kamis bisa dilayani dengan offlinePendaftaran KKN Semester Ganjil dibuka mulai 20 Agustus 2021Pelaksanaan Wisuda periode Agustus 2021 dilakukan secara Daring

Pelatihan dan sertifikasi ska muda bidang konstruksi

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Mahasiswa saat ini banyak yang belum memahami apa yang harus dilakukan selepas lulus dari perguruan tinggi.  Selain berbekal Ijazah, lulusan harus memiliki kompetensi di bidang tertentu yang ditunjukkan dengan surat keterangan keahlian kerja (SKA).  Pelatihan dan sertifikasi calon wisudawan bertujuan memberikan pelatihan dan selanjutnya dilakukan uji kompetensi sehingga setelah proses wisuda akan mendapatkan ijazah dan SKA

Lulusan perguruan tinggi tidak cukup hanya berbekal ijazah sebagai tanda telah menempuh pendidikan atau telah lulus.  Lulusan harus memiliki kompetensi sesuai bidang yang akan digeluti dan diharapkan memiliki sertifikat keahlian kerja / SKA.

Proses sertifikasi dilaksanakan selama 2 hari yaitu Hari Kamis tanggal 19 September 2019 sampai dengan Hari Jumat 20 September 2019.  Hari pertama diisi dengan kegiatan pembekalan dan hari kedua diisi dengan uji kompetensi.  Kegiatan Sertifikasi ini merupakan kerjasama antara PPK (Pusat Pengembangan Kompetensi) Universitas Janabadra, Fakultas Teknik, Jurusan Teknik Sipil Universitas Janabadra serta LPJK (Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi) DIY.

Kegiatan secara resmi dibuka pukul 08.30 oleh Ketua PPK Universitas Janabadra Dr. Nindyo Cahyo Kresnanto, S.T., M.T. dan dilanjutkan dengan proses pembekalan oleh beberapa pemateri sampai dengan pukul 17.00.  Materi Manajemen Rekayasa Konstruksi disampaikan oleh Deppy Dwi Prasetyo, S.T., materi Sistem Informasi dan Manajemen Konstruksi Sumber Daya Air disampaikan oleh Dr. Nindyo Cahyo Kresnanto, S.T., M.T., materi Manajemen Operasi dan Pemeliharaan Sumber Daya Air disampaikan oleh Ir. Ilham Poernomo, M.T.,.  Hari kedua dimulai pukul 09.00 dengan materi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) disampaikan oleh  Drs. Silfanus  dilanjutkan dengan uji kompetensi yang dilakukan oleh Asessor  dari INTAKINDO, Rudiatmoko S.T, M.T. dan berakhir pukul 16.00.  Peserta uji kompetensi sebanyak 12 orang dinyatakan lulus dan berhak memperoleh SKA yang berlaku selama 1 tahun.  Peserta diharapkan menggunakan SKA tersebut untuk berkarya dan langkah selanjutnya adalah bergabung dengan asosiasi yang sesuai dengan keahlian masing-masing untuk lebih mengembangkan kompetensinya.  Kegiatan resmi ditutup oleh Ketua Jurusan Teknik Sipil Universitas Janabadra, Prasetya Adi, S.T., M.T.

Sasaran dari proses sertifikasi ini adalah calon wisudawan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Janabadra yang akan diwisuda pada tanggal 28 September 2019.  Peserta sertifikasi keseluruhan berjumlah 12 orang. Capaian yang diharapkan dari kegiatan ini adalah tersertifikasinya wisudawan Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Janabadra yang akan diwisuda pada tanggal 28 September 2019.