Info Fakultas
Rabu, 20 Okt 2021
  • Pelayanan Akademik selama PPKM dilakukan secara Online/ Daring kecuali hari Senin dan Kamis bisa dilayani dengan offlinePendaftaran KKN Semester Ganjil dibuka mulai 20 Agustus 2021Pelaksanaan Wisuda periode Agustus 2021 dilakukan secara Daring

Teknik Informatika UJB Belajar Bioinformatika dari Tokyo Institute of Technology Jepang

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Prodi Teknik Informatika bahas Ilmu Bioinformatika dengan mendatangkan narasumber dari Tokyo Institute of Technology Jepang. Dalam kesempatan tersebut pembicara memaparkan mengenai ilmu bioinformatika yang merupakan gabungan ilmu biologi dan informatika. Salah satu contohnya adalah dalam ilmu genetik DNA bahwa DNA terdiri dari milyaran kromosom. Nantinya ilmu biologi mempelajari tentang DNA sedangkan untuk ilmu informatika adalah memperlajari komputasinya (algoritmanya) yang nantinya dapat menghasilkan suatu informasi untuk dapat memberikan rekomendasi ke dokter mengenai pengobatan yang tepat.

Menurut pembicara yakni Bharata Kalbuaji yang merupakan salah satu mahasiswa program doktoral Tokyo Institute of Technology Jepang bahwa pemanfaatan bionformatika salah satu contohnya dapat dimanfaatkan untuk mendeteksi dini penyakit kanker.

Dalam kesempatan tersebut juga turut hadir pembicara lain Dr. Muhammad Kunta Biddinika yang berbagi pengalaman mengenai kuliah di Jepang.  Dr. Kunta memaparkan bahwa saat ini setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk dapat meraih beasiswa studi lanjut di Jepang. Bahkan pembicara menceritakan bahwa hal yang beliau lakukan untuk meraih beasiswa studi lanjut di Jepang sudah dilakukan selama 36 kali. Beliau juga memberikan gambaran mengenai kehidupan para pelajar yang studi lanjut di Jepang.

Dari pemaparan pembicara dari Tokyo Institute of Technology Jepang. harapannya mahasiswa dan dosen Prodi Teknik Informatika dapat mengembangkan kelompok keahlian dalam bidang Bioinformatika yang dapat menjadi salah satu keunikan atau ciri khas program studi.