Info Fakultas
Jumat, 30 Jul 2021
  • Pelayanan Akademik selama PPKM dilakukan secara Online/ Daring diperpanjang sampai 30 Juli 2021Wisuda Periode Agustus 2021 : 28 Agustus 2021Pendaftaran yudisium paling lambat : 27 Juli 2021Yudisium Fakultas : 28 Juli 2021Yudisium Universitas : 30 Juli 2021

Dosen Teknik Mesin Universitas Janabadra menjadi Invited Speaker pada Konferensi Internasional di UNAIR Surabaya

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Penelitian

Salah satu Dosen di Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Janabadra (FT-UJB) yaitu Dr. Eng. Mochamad Syamsiro diundang menjadi salah satu Invited Speaker dan mempresentasikan makalahnya pada Konferensi Internasional yang diselenggarakan oleh UNAIR Surabaya. Seminar yang bertajuk “The International Conference Research Collaboration : Improvement of City Environmental Quality” ini diselenggarakan oleh Universitas Airlangga (UNAIR) Surabaya berkolaborasi dengan Kitakyushu University Jepang.  Acara yang berlangsung pada tanggal 12 Maret 2018 ini bertempat di Kampus UNAIR Surabaya dan dihadiri oleh pemakalah dari berbagai negara.

Pada konferensi kali ini, Dr. Syamsiro mempresentasikan papernya berjudul “Development of Small Scale Feedstock Recycling of Waste Plastics & Other Wastes in Indonesia”. Makalah ini merupakan hasil-hasil penelitian yang telah dikerjakan di Laboratorium Bioenergi yang dimiliki Jurusan Teknik Mesin FT-UJB dengan mendapatkan pendanaan dari dari berbagai sumber seperti Ristekdikti, JICA, UJB, dll. Pengembangan sumber-sumber energi berbasiskan biomassa dan sampah adalah fokus dari riset yang dikembangkan di Lab. Bioenergi. Adapun pada presentasi hasil riset di UNAIR membahas mengenai pemanfaatan sampah plastik menjadi bahan bakar cair pengganti bensin dan solar melalui teknologi pirolisis. Pengembangan teknologi pirolisis skala kecil telah dilakukan untuk menyesuaikan kondisi di Indonesia yang tidak memungkinkan pengembangan reaktor skala besar.

Teknologi pirolisis merupakan suatu sistem konversi termal pada suhu tinggi sekitar 500 derajat celcius. Pada kondisi tersebut, plastik akan terdekomposisi menjadi fraksi yang lebih ringan yaitu bahan bakar cair. Dengan konsep ini diharapkan sampah-sampah plastik yang ada di sekitar kita bisa dimusnahkan dengan teknologi ini sekaligus mendapatkan tambahan hasil berupa bahan bakar cair.

Keikutsertaan pada konferensi ini sebagai Invited Speaker merupakan suatu kehormatan bagi Universitas Janabadra dan merupakan bagian dari upaya diseminasi hasil-hasil penelitian dosen FT-UJB sebagai bentuk sumbangsih ilmu pengetahuan kepada masyarakat dan inovasi hasil karya dosen untuk mendukung pengembangan energi terbarukan di Indonesia. Acara ini dihadiri ratusan peserta dari beberapa negara yang masing-masing juga mempresentasikan hasil-hasil risetnya. Selain itu, keikutsertaan ini juga dalam rangka meningkatkan jumlah publikasi dosen FT-UJB di jurnal internasional, khususnya yang terindeks Scopus. Dengan demikian, UJB akan semakin dikenal di dunia internasional khususnya di bidang energi terbarukan.