Info Fakultas
Sabtu, 31 Jul 2021
  • Pelayanan Akademik selama PPKM dilakukan secara Online/ Daring diperpanjang sampai 30 Juli 2021Wisuda Periode Agustus 2021 : 28 Agustus 2021Pendaftaran yudisium paling lambat : 27 Juli 2021Yudisium Fakultas : 28 Juli 2021Yudisium Universitas : 30 Juli 2021

RESENSI BUKU “TOMORROW IS TODAY”

Diterbitkan : - Kategori : Artikel / Berita

Judul Buku                    : Tomorrow is Today
Penulis                            : Prof. Rhenald Kasali
Penerbit                          : Mizan
Tahun                              : Cetakan ke-1 / Oktober 2017
Kategori                          : Bisnis dan Manajemen
Jumlah halaman           : 390
ISBN                                : 978-602-441-036-0

Menghadirkan Masa Depan ke Masa Kini

Hari-hari belakangan ini kita sering dibingungkan dengan kondisi perubahan ekonomi yang begitu drastis. Model bisnis pun berubah total, pusat-pusat perbelanjaan mulai sepi dan tergantikan oleh sistem belanja online, layanan taksi konvensional banyak melakukan demo dimana-mana dengan munculnya taksi online, dan masih banyak lagi sektor-sektor yang akan mengalami perubahan drastis semacam itu. Inilah yang disebut dengan era ekonomi disruptif seperti yang dibahas dalam buku yang berjudul “Tomorrow is Today“.

Buku ini merupakan kelanjutan dari buku Prof. Rhenald Kasali sebelumnya yang berjudul “Disruption” yang menjadi best seller dan jadi rujukan bagi orang-orang yang ingin memasuki era disrupsi ini. Dalam buku ini banyak ditunjukkan contoh-contoh nyata upaya menghadapi era disrupsi, khususnya apa yang telah dan akan dilakukan oleh PT. Pembangunan Perumahan (PP) dalam menghadapi era disrupsi di sektor konstruksi.

Seperti yang dibahas pada Bab 5 buku ini yang berjudul “Menghadirkan Masa Depan ke Masa Kini” seperti judul dalam resensi ini, bagaimana PP menjadi pioner di dalam pengembangan konsep green construction hingga menuju konsep green company. Ada banyak contoh menarik yang dihadirkan dalam buku ini, seperti konsep membangun rumah dengan mesin printer tiga dimensi (3D). Dengan teknologi ini, satu unit rumah yang paling tidak membutuhkan waktu hingga 2 minggu untuk membangungnnya, dengan teknologi mesin printer 3D waktu yang dibutuhkan hanya sehari saja. Begitu juga teknologi lego yang dikembangkan untuk membangun gedung-gedung bertingkat tinggi, yang biasanya butuh waktu berbulan-bulan, dapat diselesaikan dalam hitungan hari, seperti layaknya bermain lego, tinggal pasang dan rangkai saja.

Buku ini sangat bagus dibaca oleh orang-orang yang terlibat dalam proses disrupsi di lembaga atau lingkungan masing-masing. Buku ini bisa jadi bacaan wajib para pengusaha dan eksekutif perusahaan untuk mempersiapkan diri agar perusahaannya tidak punah ditelan oleh jaman. Buku ini juga sangat layak dibaca oleh kaum muda generasi milenial yang akan memasuki dunia kerja untuk melihat bagaimana era disrupsi ini telah mengubah pangsa pasar tenaga kerja dan nantinya sebagai persiapan untuk mendisrupsi dirinya sendiri. Harapannya seperti yang ditulis pada bagian akhir epilog buku ini “Sejak sekarang ubahlah mindset anda. Masa depan itu bukan misteri. Ia ada sekarang ini, di hadapan kita. Hanya, kita sering lengah dan menyangkalnya”. Dengan mengubah pola pikir masyarakat, khususnya generasi muda, maka perubahan di era disrupsi ini justru akan menjadi peluang dan harapan baru bagi perkembangan ekonomi, bukan ancaman buat kita semua. Namun demikian, dalam buku ini, banyak membahas hanya di sektor konstruksi khususnya PT. PP. Pembaca perlu mendapatkan contoh-contoh lain dari perusahaan yang sukses melewati era disrupsi ini, sehingga pemahaman akan era disrupsi ini dapat lebih dimengerti.

 

Dr. Mochamad Syamsiro
Dosen
Jurusan Teknik Mesin / Wakil Dekan 1 Fakultas Teknik
Universitas Janabadra Yogyakarta