Info Fakultas
Sabtu, 24 Jul 2021
  • Pelayanan Akademik selama PPKM dilakukan secara Online/ Daring diperpanjang sampai 30 Juli 2021Wisuda Periode Agustus 2021 : 28 Agustus 2021Pendaftaran yudisium paling lambat : 27 Juli 2021Yudisium Fakultas : 28 Juli 2021Yudisium Universitas : 30 Juli 2021

Informatika UJB Ajari 100 Siswa Siswi SMA/SMK Sederajat Buat Game dengan Mudah

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Game merupakan aplikasi yang sering digunakan oleh banyak orang, karena dengan bermain game membuat penggunanya yang memainkan game tersebut akan senang dan menikmati setiap permainan tersebut. Inilah yang menjadi alasan oleh Prodi Teknik Informatika Universitas Janabadra mengajak 100 Siswa Siswi SMA/SMK Sederajat mengajari cara membuat game sendiri dengan mudah, sebab di era digitalisasi dan smartphone sekarang semua kalangan baik yang muda maupun yang tua sebagian besar senang bermain game, bahkan anak kecil umur tiga tahun pun terkadang sudah dapat memainkan game.
Dengan adanya pelatihan tersebut diharapkan para peserta mampu memiliki skill atau kemampuan tambahan untuk dapat membuat game sendiri. Peserta yang turut berpartisipasi dalam acara tersebut yakni 31 Siswa dan Siswi dari SMA N 1 Salaman Magelang, 5 Siswa dari SMK Ma’arif NU Boyolali Jawa Tengah, 6 Siswa dari SMA N 1 Bantul, 5 Siswa dari SMA N 1 KAsihan, 5 Siswa dari SMA N1 Sedayu dan 48 Siswa Siswi dari SMA di Kota Yogyakarta.

Kaprodi Teknik Informatika Ryan Ari Setyawan, S.Kom., M.Eng. mengatakan bahwa perangkat lunak yang digunakan dalam membuat game tersebut yakni menggunakan perangkat lunak kodu game lab milik microsoft, dimana software tersebut bersifat open source atau free tanpa diharuskan membayar biaya lisensi. Proses pembuatan game tersebut sangatlah mudah yakni para peserta tinggal melakukan drag and drop (menggeser dan menaruh) kemudian setelah selesai membuat desain game tinggal mengisikan logika program yang akan dijalankan. Logika tersebut dibuat dengan sajian antarmuka dan tanpa menggunakan kode program sekalipun sehingga semua peserta dapat membuat game dengan mudah. Hasil dari pelatihan tersebut diharapkan 100 Siswa Siswi SMA/SMK Sederajat dapat membuat game sendiri. Untuk inovasi dan kreativitas tinggal masing-masing individu tersebut mau dikembangkan lagi atau tidak. Kemampuan membuat game tersebut apabila dapat dilatih terus menerus dapat membuat starup yang nanti dapat menghasilkan uang sendiri dari hasil karya membuat game tersebut.

Pada acara tersebut turut dihadiri oleh Wakil Rektor I Arusmalem Ginting, S.T., M.T., Ka. UPT Kerjasama Dr. Isvianti Kunthi, Ka. BAAK Fatsyahrina Fitriastuti S.Si., M.T., Dekan Fakultas Teknik Titiek Widyasari S.T., M.T. dan seluruh Dosen Prodi Teknik Informatika. Dalam acara tersebut juga membagikan 100 Merchandise UJB, 30 Voucher Makan Gratis, dan 6 Doorprize bagi peserta pembuat game terbaik. Acara tersebut juga disponsori oleh Spesial Sambal Jogjakarta, Tahu Gejrot, dan HMJ TI-UJB, pada penghujung acara ditutup oleh Wakil Dekan I Dr.Eng. Moch. Syamsiro serta dilakukan sesi foto bersama.