Info Fakultas
Senin, 02 Agu 2021
  • Pelayanan Akademik selama PPKM dilakukan secara Online/ Daring diperpanjang sampai 30 Juli 2021Wisuda Periode Agustus 2021 : 28 Agustus 2021Pendaftaran yudisium paling lambat : 27 Juli 2021Yudisium Fakultas : 28 Juli 2021Yudisium Universitas : 30 Juli 2021

Universitas Janabadra Dampingi Industri Gula Semut Kulon Progo

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Kegiatan yang dilaksanakan di Desa Hargorejo dan Hargowilis ini diketuai oleh Nurwiyanta, S.E., M.M. dengan anggota tim terdiri dari Dr. Eng. Mochamad Syamsiro dan Erni Umi Hasanah, S.E., M.Si. Program pendampingan ini meliputi aspek produksi berupa perbaikan kualitas produksi dan aspek manajemen meliputi keuangan, pemasaran dan SDM. Pendampingan aspek pemasaran dilakukan dengan mengembangkan website www.gulasemutjogja.com. Harapannya pemasaran dapat menjangkau seluruh wilayah Indonesia bahkan luar negeri.

Yang menjadi unggulan dari program PKM ini adalah perbaikan proses produksi khususnya di bagian pengayakan gula semut dengan mengganti proses pengayakan secara manual menggunakan mesin ayakan otomatis. Proses pengayakan ini sendiri bertujuan memisahkan gula semut berdasarkan ukuran butirannya. Dengan menggunakan mesin ayakan, kecepatan produksi dapat ditingkatkan menjadi lebih tinggi yang berdampak pada produktivitas hasil gula semutnya.

Menurut salah satu anggota tim yang juga Dosen Teknik Mesin UJB, Dr. Eng. Mochamad Syamsiro, mesin ini bekerja sangat efektif dan efisien, karena tidak lagi menggunakan tenaga manusia tetapi menggunakan listrik sebagai sumber penggeraknya. Jurusan Teknik Mesin UJB telah banyak mengembangkan mesin-mesin untuk mendukung industri kecil dan menengah (IKM) dalam rangka menghadapi persaingan global. Beberapa hasil riset laboratorium telah dicoba dikembangkan pada skala percontohan dan nantinya dapat menuju ke skala komersial.