Info Fakultas
Minggu, 24 Okt 2021
  • Pelayanan Akademik selama PPKM dilakukan secara Online/ Daring kecuali hari Senin dan Kamis bisa dilayani dengan offlinePendaftaran KKN Semester Ganjil dibuka mulai 20 Agustus 2021Pelaksanaan Wisuda periode Agustus 2021 dilakukan secara Daring

Fakultas Teknik Universitas Janabadra dan Persatuan Insinyur Indonesia Adakan Lokakarya Keinsinyuran

Diterbitkan : - Kategori : Berita

Untuk semakin memantapkan peran Fakultas Teknik Universitas Janabadra (FT UJB) dalam mendukung profesi keinsinyuran di Indonesia, maka FT UJB dan Persatuan Insinyur Indonesia (PII) mengadakan Lokakarya Sertifikasi Insinyur Profesional (LSIP) pada tanggal 15 Agustus 2017. Acara yang berlangsung di Kampus Universitas Janabadra (UJB) Pingit ini dibuka oleh Direktur Eksekutif PII Pusat, Ir. Rudianto Handojo, IPM. Dekan Fakultas Teknik UJB, Titiek Widyasari, S.T., M.T. juga memberikan sambutannya pada saat pembukaan acara tersebut.

 

Tujuan dari diadakannya LSIP ini adalah untuk mempersiapkan para peserta dalam proses pengajuan untuk menjadi insinyur profesional, yang terdiri dari tiga tingkatan, yaitu Insinyur Profesional Pratama (IPP), Insinyur Profesional Madya (IPM), dan Insinyur Profesional Utama (IPU). Menurut Wakil Dekan 1 FT UJB, Dr. Eng. Mochamad Syamsiro, sertifikasi ini menjadi sangat penting untuk menghadapi persaingan global, khususnya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) yang sudah dibuka beberapa tahun yang lalu. Di samping itu, seperti halnya profesi-profesi lainnya, insinyur juga dituntut keprofesionalannya khususnya di bidang ilmu kerekayasaan sehingga betul-betul dapat menjalankan fungsinya denga baik sebagai seorang insinyur.

Acara LSIP kali ini diikuti oleh dosen UJB dan peserta dari luar, baik itu dari perguruan tinggi maupun dari praktisi industri. Dalam waktu dekat, PII akan menandatangani MoU dengan UJB untuk kerjasama yang lebih luas khususnya bagaimana mempersiapkan lulusan Fakultas Teknik UJB menjadi insinyur profesional yang handal. Ke depan juga akan diadakan Seminar Nasional bekerja sama dengan PII membahas tentang Dampak Ekonomi Pembangunana Bandara Kulon Progo.