Info Fakultas
Kamis, 16 Sep 2021
  • Pelayanan Akademik selama PPKM dilakukan secara Online/ Daring kecuali hari Senin dan Kamis bisa dilayani dengan offlinePendaftaran KKN Semester Ganjil dibuka mulai 20 Agustus 2021Pelaksanaan Wisuda periode Agustus 2021 dilakukan secara Daring

Laboratorium Bioenergy Teknik Mesin UJB Menghadiri Technical Meeting dengan APEX Japan

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Slider

IMG_8870
Dalam rangka pengembangan riset bioenergi khususnya mengenai gasifikasi dengan teknologi fluidized bed, maka Laboratorium Bioenergi Jurusan Teknik Mesin Universitas Janabadra (JTM-UJB) menghadiri acara technical meeting yang diselenggarakan oleh Dr. Nao Tanaka selaku Direktur Asian People Exchange (APEX) Japan. Acara yang berlangsung pada tanggal 12 Mei 2016 tersebut diikuti oleh dua orang dosen, yaitu Dr. Eng. Mochamad Syamsiro selaku Kepala Lab. Bioenergi dan Untoro Budi Surono, S.T., M.Eng. beserta 4 orang mahasiswa Jurusan Teknik Mesin.
Acara tersebut diadakan di kantor Dr. Nao Tanaka yang berada di Jalan Kaliurang dan dihadiri juga oleh beberapa peserta lainnya. Pada acara ini, Dr. Nao Tanaka beserta stafnya, Yuta Sudo, M.Eng. memberikan materi teknis terkait dengan gasifikasi tipe fluidized bed yang sedang mereka kembangkan. Adapun project tersebut didanai oleh JICA melalui program SATREPS. Dalam paparannya, Dr. Nao Tanaka memberikan gambaran mendasar di dalam mendesain sistem fluidized bed. Sistem ini banyak digunakan di dalam industri termasuk di bidang gasifikasi biomassa untuk menghasilkan syngas sebagai bahan bakar gas.
Lab. Bioenergi Jurusan Teknik Mesin UJB sendiri telah mendapatkan hibah peralatan gasifikasi tipe fluidized bed untuk cold model experiment yang dapat digunakan untuk memvisualisasikan hidrodinamika aliran fluida pada sistem tersebut. Jurusan Teknik Mesin UJB telah menjalin hubungan dengan Dr. Nao Tanaka sejak tahun lalu ketika beliau diundang sebagai pembicara pada Seminar Nasional Energi Terbarukan dalam rangka Ulang Tahun Teknik Mesin UJB. Ke depan, Lab. Bioenergi akan mengembangakan riset gasifikasi biomassa berbasis teknologi fluidized bed yang sangat dibutuhkan di Indonesia mengingat negara kita kaya akan sumber daya biomassa yang belum banyak termanfaatkan. Dengan kerjasama ini diharapkan tercipta sinergi pengembangan teknologi khususnya antara Indonesia dan Jepang yang dikenal sebagai negara maju dalam hal teknologi.
IMG_8878

IMG_8882