Info Fakultas
Senin, 02 Agu 2021
  • Pelayanan Akademik selama PPKM dilakukan secara Online/ Daring diperpanjang sampai 30 Juli 2021Wisuda Periode Agustus 2021 : 28 Agustus 2021Pendaftaran yudisium paling lambat : 27 Juli 2021Yudisium Fakultas : 28 Juli 2021Yudisium Universitas : 30 Juli 2021

Kunjungan Magister Teknik Mesin Universitas Pancasila ke Universitas Janabadra

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Slider

[wzslider autoplay=”true”]

Pada hari Selasa (10/05/2016) Jurusan Teknik Mesin Universitas Janabadra (JTM-UJB) mendapat kunjungan dari Prodi Magister Teknik Mesin Universitas Pancasila Jakarta. Kunjungan ini diikuti oleh enam dosen Teknik Mesin Universitas Pancasila dan disambut dengan hangat oleh Ketua Jurusan Teknik Mesin UJB, Drs. Sukoco, M.Pd., M.T. Dalam sambutannya, Ketua Jurusan Teknik Mesin UJB mengucapkan selamat datang dan terima kasih atas kunjungannya ke kampus UJB Pingit. UJB yang mempunyai visi hampir sama dengan Universitas Pancasila sebagai kampus kebangsaan dan nasionalis tentunya berpeluang besar untuk menjalin kerjasama ke depannya.

Tujuan dari kunjungan ini sendiri untuk mempelajari teknologi pirolisis sampah plastik yang telah dikembangkan dan digeluti oleh salah satu dosen Teknik Mesin UJB, Dr. Eng. Mochamad Syamsiro. Setelah sambutan dari Ketua Jurusan, diteruskan pemaparan dan presentasi dari Dr. Eng. Mochamad Syamsiro tentang riset dan pengembangan yang telah dilakukan di Jurusan Teknik Mesin UJB, khususnya yang berkaitan dengan produksi bahan bakar minyak dari sampah plastik dengan teknologi pirolisis. Presentasi dengan judul “Total Technologies for Waste to Energy” yang merupakan fokus riset dari Dr. Syamsiro bersama timnya, baik di JTM-UJB maupun di Center for Waste Management & Bioenergy, memaparkan tentang riset-riset pengolahan sampah menjadi energi yang sedang menjadi trend akhir-akhir ini.

Selama pemaparan, terjadi diskusi yang cukup hangat dan saling bertukar pikiran mengenai pengembangan teknologi waste to energy. Setelah pemaparan dilanjutkan kunjungan lapangan ke perusahaan mitra JTM-UJB yang berlokasi di Jalan Magelang untuk melihat pengembangan mesin pengolah sampah plastik menjadi bahan bakar minyak (BBM). Setelah kunjungan ini, ada komitmen bersama untuk melakukan kolaborasi riset antara JTM-UJB dengan Universitas Pancasila khususnya dalam pengembangan teknologi waste to energy.