Info Fakultas
Selasa, 30 Nov 2021
  • Pelayanan Akademik selama PPKM dilakukan secara Online/ Daring kecuali hari Senin dan Kamis bisa dilayani dengan offlinePendaftaran KKN Semester Ganjil dibuka mulai 20 Agustus 2021Pelaksanaan Wisuda periode Agustus 2021 dilakukan secara Daring

Mahasiswa Teknik Informatika Berhasil Kembangkan SIRIP

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Slider

DSC_0133

Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Janabadra berhasil kembangkan SIRIP (Sistem Informasi Rawat Inap Pasien). Mahasiswa tersebut yakni Suharyanto (14330032), Ema Nur Hamidah (14330021) dan Septian Pratama (14330009). Ketiga Mahasiswa tersebut juga memiliki peranan dan bagian masing-masing dalam pembuatan program SIRIP. Pembagian tersebut yakni Suharyanto bertugas untuk segi sisi front end melakukan pengkodean (coding), Ema Nur Hamidah bertugas membuat sistem back end, dan Septian Pratama bertugas sebagai designer UI (User Interface) membuat tampilan antar muka program. Program SIRIP tersebut dibimbing oleh Bpk. Ryan Ari Setyawan, S.Kom., M.Eng selaku dosen pengampu mata kuliah Pemrograman Visual. Output dari mata kuliah tersebut mampu menghasilkan produk berupa aplikasi.

DSC_0138

Tujuan membuat produk SIRIP tersebut selain untuk mengimplementasikan skill mahasiswa dalam programming, pengembangan produk tersebut juga diharapkan memberikan solusi untuk membantu mengoptimalkan pelayanan satu pintu untuk pasien, sehingga pasien tidak perlu bolak balik dari satu bagian ke bagian yang lain. Sehingga pelayanan pada rumah sakit tersebut dapat dilakukan lebih efektif dan efisien serta membantu memanajemen proses pelayan kepada pasien yang lebih baik.

Produk SIRIP yang dikembangkan menggunakan arsitektur client-server dan berbasis desktop. Suharyanto¬† menuturkan “bahwa kami tidak menutup kemungkinan untuk dapat memasarkan produk kami ke rumah sakit-rumah sakit atau klinik, atau mungkin juga ada klinik dan rumah sakit yang mau menggunakan program SIRIP ini silahkan saja, kami berikan secara gratis. Alasan tersebut karena program SIRIP yang kami buat masih butuh pengembangan lebih baik lagi. Apabila program SIRIP tersebut terpakai kami akan mengevaluasi dan memperbaiki lagi program SIRIP tersebut”.

Suharyanto juga menuturkan “program SIRIP ini juga sedang kami ikutkan dalam lomba PKM-AI Tahun 2016 kementerian ristekdikti, kami juga sedang berdoa dan meminta kepada semuanya agar mendoakan kami supaya lolos di PKM tersebut.”

menu utama

Tampilan SIRIP

Hal tersebut menjadi suatu kebanggaan dan apresiasi bagi Jurusan Teknik Informatika, karena mahasiswa Jurusan Teknik Informatika sudah dapat melahirkan produk yang nantinya dapat dipasarkan. Sehingga dari segi skill programming mahasiswa Jurusan Teknik Informatika tidak dapat diragukan lagi, dan mampu bersaing dengan mahasiswa dari Universitas lain. Selain itu ketiga mahasiswa tersebut tahun 2015 kemarih telah meraih beasiswa PPA.