Info Fakultas
Kamis, 23 Sep 2021
  • Pelayanan Akademik selama PPKM dilakukan secara Online/ Daring kecuali hari Senin dan Kamis bisa dilayani dengan offlinePendaftaran KKN Semester Ganjil dibuka mulai 20 Agustus 2021Pelaksanaan Wisuda periode Agustus 2021 dilakukan secara Daring

HMJ Teknik Mesin Berhasil Lolos Seleksi PraProposal Progam Hibah Bina Desa

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Gallery / Slider

hmj_mesin2

Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Teknik Mesin Universitas Janabadra berhasil lolos dalam seleksi praproposal Program Hibah Bina Desa (PHBD) Tahun 2016 yang diselenggarakan oleh Kementerian Ristekdikti. Proposal HMJ Teknik Mesin termasuk diantara 300 proposal yang lolos seleksi awal dan berhasil menyisihkan 2674 proposal yang masuk ke Kemenristekdikti.

Proposal yang diajukan HMJ Teknik Mesin UJB sendiri berjudul “Pemanfaatan Limbah Plastik Menjadi Bahan Bakar Minyak Dengan Teknologi Pirolisis di Desa Panggungharjo, Kecamatan Sewon, Kabupaten Bantul, Provinsi DIY. Pada proposal ini, HMJ Teknik Mesin mengusulkan solusi pemanfaatan limbah sampah plastik untuk dikonversi menjadi bahan bakar minyak (BBM) dengan teknologi pirolisis. Proposal ini mendapat bimbingan dari Dosen Jurusan Teknik Mesin UJB, Dr. Eng. Mochamad Syamsiro yang merupakan ahli di bidang teknologi pirolisis tersebut.

Dengan gaghmj_mesin1asan pengolahan sampah plastik menjadi BBM ini diharapkan dapat mengatasi persoalan sampah plastik yang memang tidak dapat terurai di dalam tanah. Saat ini Tim HMJ Teknik Mesin yang diketuai oleh Ricki Rafli telah membuat proposal lengkapnya dan diharapkan bisa lolos ke tahapan berikutnya.