Info Fakultas
Sabtu, 31 Jul 2021
  • Pelayanan Akademik selama PPKM dilakukan secara Online/ Daring diperpanjang sampai 30 Juli 2021Wisuda Periode Agustus 2021 : 28 Agustus 2021Pendaftaran yudisium paling lambat : 27 Juli 2021Yudisium Fakultas : 28 Juli 2021Yudisium Universitas : 30 Juli 2021

Jurusan Teknik Informatika Jalin Kerjasama Industri dengan PT. Gamatechno Indonesia

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Penelitian / Slider

IMG-20160418-WA0004

Pada hari jum’at 15 April 2016 Jurusan Teknik Informatika Universitas Janabadra menjalin kerjasama industri dengan PT. Gamatechno. Kerjasama tersebut dilakukan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas mahasiswa Jurusan Teknik Informatika agar mampu terjun langsung di dunia industri.  PT Gamatechno adalah perusahaan yang memiliki fokus pada pengembangan produk dan solusi teknologi informasi untuk segmen perguruan tinggi, lembaga pemerintah, perusahaan penyedia jasa transportasi dan logistik, serta industri lifestyle.

Sebagai perusahaan yang bergerak di bidang penyedia solusi teknologi informasi, PT Gamatechno Indonesia (Gamatechno) resmi berdiri pada tanggal 4 Januari 2005 dan berkantor pusat di Yogyakarta. Guna meningkatkan layanan kepada lebih dari 240 klien di seluruh Indonesia yang tersebar dari Banda Aceh hingga Papua, pada tahun 2013 Gamatechno membuka kantor cabang di Jakarta.

Seiring dengan perkembangan perusahaan, saat ini Gamatechno memiliki fokus pada pengembangan produk dan solusi teknologi informasi untuk segmen perguruan tinggi, lembaga pemerintah, perusahaan penyedia jasa transportasi dan logistik, serta industri lifestyle. Layanan yang berfokus pada 4 segmen utama tersebut selanjutnya didefinisikan sebagai gtSmartCity Solution, yaitu solusi berbasis sistem dan teknologi informasi guna mewujudkan sebuah kota cerdas dengan ciri less paper, less time, less cash dan less complexity untuk meningkatkan tatanan hidup masyarakat.

Untuk segmen perguruan tinggi, produk unggulan Gamatechno adalah gtCampus Suite yaitu sistem informasi terintegrasi untuk perguruan tinggi yang terdiri atas berbagai software modular yang dirancang sesuai dengan proses bisnis perguruan tinggi mulai dari pengelolaan penerimaan calon mahasiswa, pengelolaan perkuliahan mahasiswa hingga lulus, pengelolaan aset kampus yang meliputi aset sumber daya manusia, keuangan dan aset barang, perpustakaan, penelitian dan beasiswa hingga dashboard system untuk pimpinan kampus.
Untuk segmen lembaga pemerintah, Gamatechno memiliki beberapa produk unggulan, diantaranya adalah gtPerizinan (sistem pengelolaan pelayanan perizinan terpadu), gtAspirasi (sistem pengelolaan aspirasi masyarakat), serta aplikasi gtGroupware (sistem kolaborasi dan arsip perkantoran). Selain produk-produk tersebut, Gamatechno juga melayani pengembangan portal website lembaga dengan konsep citizen centric, serta pengembangan berbagai aplikasi berbasis web lainnya sesuai dengan kebutuhan lembaga.

Untuk segmen transportasi dan logistik, Gamatechno mengembangkan beberapa produk unggulan bagi perusahaan atau organisasi yang bergerak dibidang layanan transportasi dan logistik, yaitu gtFleets (sistem informasi pengelolaan armada), gtSmartTicket System (sistem tiket elektronik berbasis smartcard), serta aplikasi mTransport (aplikasi mobile untuk informasi dan layanan transportasi publik).
Pada segmen lifestyle, Gamatechno mengembangkan produk-produk aplikasi back-end dan front-end untuk beberapa sub industri diantaranya taman hiburan dan wisata, pusat belanja dan entertainment, microfinance, dan industri kesehatan. Beberapa portofolio produk untuk segmen lifestyle ini antara lain eoviz.com (small & medium enterprises resource planning system on cloud), mEvent (aplikasi mobile informasi event), serta mCatalog (aplikasi mobile informasi katalog produk).

IMG-20160418-WA0003

Kerjasama yang dilakukan antara Jurusan Teknik Informatika Universitas Janabadra dengan PT. Gamatechno antara lain :

  1. Kerjasama dalam bidang riset/penelitian. Dalam Hal ini kerjasama tersebut dilakukan dengan tujuan dosen dan mahasiswa mampu menghasilkan atau memberikan kontribusi ide-ide untuk keperluan dunia industri.
  2. Kerjasama praktek kerja industri. Kerjasama tersebut dilakukan dengan tujuan agar mahasiswa teknik informatika universitas janabadra dapat terjun langsung ke dalam dunia industri, sehingga mahasiswa dapat memiliki ilmu pengetahuan serta memberikan solusi mengenai permasalahan yang ada saat ini.
  3. Training GTFW.  Pelatihan ini diberikan agar dosen dan mahasiswa mampu beradaptasi dengan teknologi framework terbaru (up to date) yang saat ini dipakai oleh dunia industri .
  4. Studium Generale dari Gamatechno. Tujuan dari studium generale ini diberikan agar memberikan ilmu pengetahuan dari narasumber yang sudah expert (praktisi) dalam perkembangan teknologi yang dipakai dalam dunia industri.
  5. Rekruitment. Rekruitment ini dilakukan dengan tujuan agar mahasiswa jurusan teknik informatika setelah lulus nanti dapat bekerja di PT. Gamatechno, sehingga mahasiswa tidak perlu susah lagi mencari kerja.

Dengan adanya poin-poin  kerjasama tersebut diharapkan kualitas Jurusan Teknik Informatika Universitas Janabadra semakin berkualitas, dan mampu mencetak lulusan mahasiswa yang mumpuni baik untuk bekerja di dunia industri ataupun yang lain.