Info Fakultas
Sabtu, 31 Jul 2021
  • Pelayanan Akademik selama PPKM dilakukan secara Online/ Daring diperpanjang sampai 30 Juli 2021Wisuda Periode Agustus 2021 : 28 Agustus 2021Pendaftaran yudisium paling lambat : 27 Juli 2021Yudisium Fakultas : 28 Juli 2021Yudisium Universitas : 30 Juli 2021

Kuliah Tamu dari Cyber 313 di Jurusan Teknik Informatika

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Slider

Upload UtamaHari Selasa (12/4/2016) bertempat di Lab. Komputer Dasar, Jurusan Teknik Informatika menghadirkan praktisi  dari CV. Cyber 313. Budy Santoso, S.Kom., M.Eng., selaku founder Cyber 313 memberikan materi kuliah mengenai “proyek-proyek strategis di bidang IT”. Kuliah tamu tersebut dilaksanakan pada saat kelas kuliah Pemrograman Visual yang diampu oleh Bpk. Ryan Ari Setyawan, S.Kom., M.Eng.

Materi mengenai proyek strategis IT diberikan agar mahasiswa teknik informatika memiliki pengetahuan mengenai proyek yang dapat dikerjakan di bidang IT. Budy Santoso menuturkan bahwa untuk memulai agar kita dapat masuk ke dalam dunia proyek IT adalah berawal dari bangku perkuliahan. Karena mahasiswa harus dibekali skill atau kemampuan yang mumpuni untuk mengatasi atau memberikan solusi kepada instansi pemerintahan atau swasta.  Beberapa posisi yang terlibat dalam proyek IT yakni

  1. Project Manager
  2. Analyst System
  3. Programmer
  4. Database Administrator
  5. Designer User Interface
  6. Network Administrator
  7. Fungsional

Dari beberapa posisi tersebut mahasiswa teknik informatika dapat menempatkan diri atau melatih kemampuan sesuai dengan posisi yang diinginkannya. Misal mahasiswa A ingin terlibat dalam proyek IT sebagai programmer, maka skill programmer harus diasah mulai sekarang, atau yang lebih tertarik ke dalam database administrator harus mampu menguasai konsep back end sistem, sedangkan untuk menjadi analyst system harus memiliki kemampuan di atas programmmer atau menjadi programmer senior.

Upload Utama 4

Contoh tahapan pada proyek IT salah satunya adalah melalui SDLC (System Development Life Cycle), mahasiswa diharapkan untuk dapat terjun ke dalam proyek IT mampu mengetahui konsep SDLC tersebut. Budy Santoso yang merupakan dosen dari Unversitas Ichsan Gorontalo ini juga menuturkan untuk proyek IT sendiri itu dibagi menjadi dua klasifikasi yakni :

  • Project Base
  • Produk Base

Project base adalah proyek IT yang didasarkan atas suatu permintaan baik itu dari instansi pemerintahan atau instansi swasta maupun perseorangan. Sedangkan untuk produk base adalah proyek IT yang tujuan membuat suatu produk yang dapat dipasarkan ke masyarakat luas, misalkan membuat aplikasi berbasis mobile android yang dapat di upload melalui playstrore, keuntungan proyek produk base dapat menghasilkan uang ketika aplikasi kita banyak yang memakai atau dapat dikatakan feed back yang didapatkan dari produk tersebut. Selain itu founder dari Cyber 313 itu pun secara singkat memperlihatkan dan menjelaskan beberapa proyek yang pernah dikerjakannya seperti :

Kuliah tamu dari Cyber 313 diadakan agar mahasiswa memiliki pandangan mengenai posisi pekerjaan apa saja yang dapat ditempati nanti ketika telah lulus apabila ingin terjun kedalam suatu proyek IT, dan dalam kuliah tamu tersebut mahasiswa juga diharapkan mampu mengaplikasikan ide-ide kreatif dan inovatif dalam dunia IT sehingga dapat berwirausaha sendiri.

Upload Utama 5

Kedepannya Jurusan Teknik Informatika Universitas Janabadra akan terus mendatangkan narasumber baik dari praktisi maupun akademisi untuk memberikan wawasan yang luas mengenai dunia IT terutama apabila terjun langsung di dunia kerja atau dunia industri bahkan berwirausaha.

Upload 4

Upload

Upload 2