Info Fakultas
Senin, 02 Agu 2021
  • Pelayanan Akademik selama PPKM dilakukan secara Online/ Daring diperpanjang sampai 30 Juli 2021Wisuda Periode Agustus 2021 : 28 Agustus 2021Pendaftaran yudisium paling lambat : 27 Juli 2021Yudisium Fakultas : 28 Juli 2021Yudisium Universitas : 30 Juli 2021

Jurusan Teknik Informatika Sukses Adakan Seminar Mobile Apps Development for Internet of Things dengan Peserta Mahasiswa Informatika Se-DIY.

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Penelitian / Slider

IMG_20160317_152234

Mobile Apps Development for Internet of Things (Iot) merupakan tema yang diusung oleh jurusan teknik informatika pada acara seminar kali ini. Antusias mahasiswa sangat tinggi sekali karena pada seminar kali ini peserta seminar bukan hanya dari mahasiswa informatika universitas janabadra itu sendiri namun dari kampus lain seperti STTA Adisutjipto, IST Akprind, UTY dan UNRIYO mengikuti acara tersebut. Jumlah total peserta yang ikut dalam seminat tersebut sebanyak 109 mahasiswa. Bpk. Selo, S.T., M.T., M.Sc., Ph.D. dari Departemen Teknik Elektro dan Teknologi Informasi Universitas Gadjah Mada dihadirkan sebagai narasumber pada acara tersebut. Riset-riset mengenai mobile apps development dan Internet of things telah banyak dilakukan oleh beliau. Acara seminar tersebut dipandu oleh moderator Bpk. Ryan Ari Setyawan, S.Kom., M.Eng. selaku dosen Jurusan Teknik Informatika, Universitas Janabadra, Yogyakarta.

IMG_20160317_152309

Bpk Selo menuturkan bahwa teknologi IoT ini merupakan teknologi masa depan, karena kedepannya seluruh perangkat yang ada disekeliling kita dapat terhubung melalui jaringan internet dan dapat saling berkomunikasi satu sama lain. Contoh dari Teknologi IoT adalah seperti Vechicle Ad Hoc Networks (VANET) atau dengan kata lain semua kendaraan dapat saling melakukan komunikasi melalui jaringan internet, selain itu juga ada WSN (Wireless Sensor Network) yang merupakan teknologi wireless yang memanfaatkan sensor untuk mengirimkan suatu informasi.

IMG_2605

Kinerja dari Internet of Things dapat secara any things connection, any time connection dan any place connection. Sedangkan untuk mobile apps adalah sebagai user-agent yang berperan mendapatkan atau mengirimkan informasi. Jadi apabila disimpulkan Mobile Apps merupakan satu kesatuan unit yang terdapat dalam IoT.

Untuk memeriahkan seminar tersebut panitia juga memberikan beberapa hiburan, seperti hiburan pertunjukan musik oleh mahasiswa teknik informatika Universitas Janabadra, serta yang paling banyak diminati adalah lomba foto session atau foto selfie dengan backdrop jurusan teknik informatika dan bagi yang menang peserta akan mendapatkan doorprize dari panitia.

Dengan adanya seminar tersebut diharapkan mahasiswa dapat memperoleh ilmu baru mengenai dunia IT. Sehingga nantinya mahasiswa mampu mengembangkan ide-ide kreatif yang dapat membantu baik nanti untuk penelitian tugas akhir mahasiswa maupun yang lain.

Hiburan Musik Akustik  oleh Mahasiswa Teknik Informatika

IMG_2572

Lomba Foto Selfie atau Foto Session dengan backdrop Teknik Informatika

DSC_0045

DSC_0070

 DSC_0062 DSC_0055