Info Fakultas
Selasa, 30 Nov 2021
  • Pelayanan Akademik selama PPKM dilakukan secara Online/ Daring kecuali hari Senin dan Kamis bisa dilayani dengan offlinePendaftaran KKN Semester Ganjil dibuka mulai 20 Agustus 2021Pelaksanaan Wisuda periode Agustus 2021 dilakukan secara Daring

Penyuluhan Pembuatan Biodiesel dari Minyak Goreng Bekas

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Slider

Foto 2 biodiesel

Konsumsi energi yang terus meningkat dan cadangan minyak bumi yang terus menurun mengharuskan kita untuk mencari alternatif bahan bakar sebagai pengganti minyak bumi. Alternatif bahan bakar tersebut tentunya dipilih yang bersifat terbarukan dan ramah lingkungan. Salah satu yang bisa dikembangkan adalah biodiesel dari minyak goreng bekas atau jelantah. Untuk itulah diadakan penyuluhan pembuatan biodiesel dari minyak jelantah. Acara ini berlangsung di Bank Sampah Badegan, Bantul dan materi diberikan oleh Dosen Jurusan Teknik Mesin Universitas Janabadra, Dr. Eng. Mochamad Syamsiro. Acara yang berlangsung pada tanggal 12 Desember 2015 ini merupakan bagian dari kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Janabadra yang berupa program pendampingan Bank Sampah.

Kegiatan ini dihadiri oleh para pengelola bank sampah dan para stakeholder yang terlibat di dalam pengelolaan sampah. Indonesia merupakan salah satu penghasil minyak sawit (CPO) terbesar bersama Malaysia, sehingga potensi minyak jelantahnya sangat besar, apalagi kebiasaan di Indonesia dimana sebagian besar orang suka dengan makanan gorengan. Potensi inilah yang coba dikembangkan oleh Bank Sampah Gemah Ripah Badegan, Bantul dengan mengumpulkan minyak jelantah dari masyarakat untuk kemudian dapat dikonversi menjadi biodiesel.

Menurut Dr. Mochamad Syamsiro, minyak jelantah dapat dikonversi menjadi biodiesel dengan proses esterifikasi dan transesterifikasi. Bahan tambahan yang biasa digunakan untuk proses tersebut adalah methanol dan soda api. Dengan proses yang relatif sederhana, kita dapat memproduksi biodiesel baik skala kecil maupun besar. Masih menurut Dr. Syamsiro, Jurusan Teknik Mesin UJB juga telah melakukan riset mengenai biodiesel minyak jelantah sejak kurang lebih sepuluh tahun yang lalu. Bahkan biodieselnya sudah diujikan pada mesin diesel dengan hasil yang memuaskan. Sehingga program yang telah dicanangkan Bank Sampah Badegan ini dapat terwujud dan memberikan nilai manfaat bagi anggotanya dan masyarakat pada umumnya.

Foto utama biodiesel

Foto 3 biodiesel