Info Fakultas
Friday, 19 Apr 2024
  • Pelayanan Pengajaran Fakultas Teknik buka pukul 9.00-15.00

Dosen Teknik Mesin Presentasi di Konferensi Energi Terbarukan EBTKE Conex 2015

Diterbitkan : - Kategori : Penelitian / Pengumuman / Slider

 

Jpeg



Salah satu dosen di Jurusan Teknik Mesin Universitas Janabadra (JTM-UJB), Dr. Eng. Mochamad Syamsiro, berhasil mempresentasikan hasil penelitiannya di ajang konferensi tentang energi terbarukan “The 4th Indonesia EBTKE Conex 2015” yang diselenggarakan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) secara rutin setiap tahun. Ini merupakan penyelenggaraan event yang ke-4 dan merupakan event terbesar di bidang energi terbarukan dimana para akademisi, praktisi, pemerintah dan industri berkumpul untuk berdiskusi memecahkan persoalan di bidang energi terbarukan.
Pada kesempatan ini, Dr. Mochamad Syamsiro terpilih beserta dengan 9 pemakalah lainnya dari puluhan paper yang masuk ke meja panitia. Pada ajang EBTKE ini, Dr. Syamsiro mempresentasikan hasil penelitiannya yang berjudul “An Experimental Investigation on Performance dan Emission of Blends of Diesel Fuel with Waste Plastic Oil in a DI Diesel Engine”. Penelitian ini merupakan kajian tentang pemanfaatan bahan bakar minyak (BBM) dari sampah plastik yang dicampur dengan solar untuk diujikan performa dan emisinya di dalam mesin diesel. Hasilnya menunjukkan bahwa minyak dari sampah plastik sangat layak untuk menggantikan bahan bakar solar dan mempunyai prospek ke depan yang sangat bagus.
Di samping acara presentasi dari beberapa makalah, ajang EBTKE Conex juga mengadakan pameran yang diikuti oleh perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang energi terbarukan seperti Pertamina, Pasadena Engineering, UPC Renewables, JGC, dll. Di acara utama juga dilangsungkan plenary session dengan pembicara-pembicara yang sangat kompeten di bidang energi terbarukan. Acara yang dibuka oleh Presiden Joko Widodo ini menjadi momentum untuk mempercepat implementasi energi baru dan terbarukan sesuai dengan tema acara ini. Apalagi pemerintah mempunyai program kelistrikan 35 ribu MW yang tentunya sebagian akan ditopang oleh energi terbarukan

 

Jpeg

Jpeg

Post Terkait

Bakti Sosial HMJ-Teknik Mesin

Friday, 13 Dec 2019

Pelatihan Game Kodu SMA/SMK

Wednesday, 27 Nov 2019

Workshop PKM 2019

Friday, 8 Nov 2019

CILAFEST

Wednesday, 6 Nov 2019

Seminar Nasional Konstruksi

Wednesday, 23 Oct 2019

Lomba Rancang Hunian Urban

Tuesday, 22 Oct 2019

Temporary Staff Fakultas Teknik

Monday, 23 Sep 2019

Beasiswa Prestasi Fakultas Teknik

Wednesday, 21 Aug 2019

KRS Bersama

Saturday, 17 Aug 2019