Info Fakultas
Sabtu, 23 Okt 2021
  • Pelayanan Akademik selama PPKM dilakukan secara Online/ Daring kecuali hari Senin dan Kamis bisa dilayani dengan offlinePendaftaran KKN Semester Ganjil dibuka mulai 20 Agustus 2021Pelaksanaan Wisuda periode Agustus 2021 dilakukan secara Daring

Training Simulator CNC di Jurusan Teknik Mesin

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Slider

Jpeg

Perkembangan industri manufaktur di Indonesia menuntut penguasaan di bidang permesinan industri berbasiskan computer numerical control (CNC). Untuk itulah Jurusan Teknik Mesin Universitas Janabadra (JTM-UJB) berusaha untuk mendidik para mahasiswa yang nantinya menjadi calon engineer di industri dengan pengetahuan dan pemahaman permesinan CNC khususnya di dalam pemrogramannya. Dalam rangka mendukung pencapaian itu, JTM-UJB mengadakan training pemrograman CNC menggunakan simulator CUTVIEWER dan SWANSOFT. Pelatihan yang berlangsung dari tanggal 26-28 Mei 2015 ini mendatangkan instruktur dari PT. Altek Precision Machinery. Training ini diikuti oleh para dosen dan laboran yang ada di Jurusan Teknik Mesin UJB.

Menurut Kepala Laboratorium CNC Jurusan Teknik Mesin UJB, Dr. Eng. Mochamad Syamsiro, pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang pemrograman CNC kepada para dosen dan laboran yang kemudian nantinya akan ditransfer kepada para mahasiswa. Sehingga diharapkan para lulusan dari JTM-UJB memiliki bekal keahlian dan pemahaman di dalam pemrograman CNC. Dengan begitu, mereka akan cepat beradaptasi dengan lingkungan industri dan memahami aplikasi permesinan CNC di dunia kerja.

Ke depannya, Jurusan Teknik Mesin UJB akan mendatangkan beberapa mesin CNC, baik jenis turning maupun milling. Sehingga diharapkan akan terjalin kerjasama antara JTM-UJB dan dunia industri, imbuh Dr. Syamsiro. Lab CNC Jurusan Teknik Mesin UJB juga membuka kerjasama dengan pihak luar yang ingin mengembangkan permesinan CNC baik dalam bentuk training, desain produk dan kerjasama lainnya.

 

Jpeg

Jpeg