Info Fakultas
Rabu, 20 Okt 2021
  • Pelayanan Akademik selama PPKM dilakukan secara Online/ Daring kecuali hari Senin dan Kamis bisa dilayani dengan offlinePendaftaran KKN Semester Ganjil dibuka mulai 20 Agustus 2021Pelaksanaan Wisuda periode Agustus 2021 dilakukan secara Daring

Kunjungan Jurusan Teknik Mesin ke Yayasan Dian Desa

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Gallery / Slider

Kunjungan Teknik Mesin ke dian desa

Dalam rangka untuk meningkatkan pemahaman akademis para mahasiswa, Jurusan Teknik Mesin Universitas Janabadra (JTM-UJB) melakukan kunjungan ke Yayasan Dian Desa (YDD). Kunjungan yang dilaksanakan pada tanggal 12 Maret 2015 dan dipimpin oleh Dr. Eng. Mochamad Syamsiro serta diikuti oleh beberapa mahasiswa ini bertujuan untuk mendapatkan pembelajaran dalam mengimplementasikan teknologi khususnya yang berkaitan dengan energi terbarukan.

Yayasan Dian Desa yang berlokasi di Jalan Kaliurang, Yogyakarta ini, telah mengembangkan berbagai macam teknologi yang terkait dengan pemanfaatan energi terbarukan dan mengimplementasikannya kepada masyarakat. Beberapa teknologi yang dimaksud antara lain gasifikasi biomassa, tungku biomassa dan biodiesel jarak pagar.

Dalam kunjungan kali ini, rombongan diterima dengan hangat oleh Bapak Herman Yohanes dan Ibu Prianti Utami. Bapak Herman Yohanes banyak berbagi pengalamannya di dalam mengembangkan teknologi gasifikasi biomassa. Dengan teknologi ini, biomassa dikonversi menjadi syn-gas dan dapat digunakan untuk pembangkitan listrik menggunakan mesin diesel. Sementara Ibu Utami banyak bercerita pengalamannya mengembangkan tungku biomassa yang bersih dan hemat energi. Saat ini YDD sedang bermitra dengan Kementerian ESDM untuk mengembangkan standar pengujian emisi tungku yang meliputi karbonmonoksida dan PM.

Dari kunjungan ini diharapkan mahasiswa lebih bisa memahami implementasi teknologi energi di lapangan, sehingga dapat mengembangkannya pula di jurusan teknik mesin.