Info Fakultas
Minggu, 24 Okt 2021
  • Pelayanan Akademik selama PPKM dilakukan secara Online/ Daring kecuali hari Senin dan Kamis bisa dilayani dengan offlinePendaftaran KKN Semester Ganjil dibuka mulai 20 Agustus 2021Pelaksanaan Wisuda periode Agustus 2021 dilakukan secara Daring

Studium General : Pervasive Computing and Why Join To IEEE speaker I Wayan Mustika, S.T., M.Eng., Ph.D.,

Diterbitkan : - Kategori : Berita / Slider

DSC_3387

Jurusan Teknik Informatika Universitas Janabadra Yogyakarta mengadakan studium general dengan mengangkat tema “Pervasive Computing and Why Join To IEEE” Pada hari Jum’at, 17 April 2015. Pervasive Computing merupakan ologi masa depan yang menjanjikan beragam kemudahan sebagaimana yang dipandang oleh banyak orang. Pervasive computing sering juga diistilahkan dengan mobile computing atau ubiquitous computing. J. York mendefinisikan ubiquitous computing (pervasive computing) dengan sebuah mesin yang mampu menyesuaikan dengan kondisi lingkungan manusia, bukan dengan keaktifan manusia untuk memasuki mesin tersebut.

Pervasive secara bahasa diartikan sebagai ‘meresap’. Intinya, pervasive computing merupakan keadaan di mana teknologi menjadi terintegrasi pada beragam objek dan aktivitas kehidupan manusia, sehingga kehadiran teknologi tersebut menjadi transparan, atau hampir tidak dapat dirasakan. Transparansi ini terjadi karena pervasive computing itu sendiri terdiri dari kumpulan benda yang sering digunakan, portabel, dan mudah digunakan.

Munculnya model komputasi yang pervasif ini sebenarnya merupakan perkembangan dari paradigma desktop-model computing yang sedikit demi sedikit kian pudar dan beralih ke mobile computing. Perkembangan teknologi seperti rekayasa prosesor, desain portabilitas perangkat, teknologi telekomunikasi, ini sangat berperan membentuk lingkungan yang pervasif tersebut.

Contoh pengembangan pervasive computing :

Smart Health

Smart City

Wireless Sensor Network

Machine to Machine Communication

 

Sedangkan untuk materi Why To Join IEEE, kedepannya Teknik Informatika Universitas Janabadra akan masuk dalam anggota IEEE Indonesia Section. Hal tersebut untuk bertujuan agar peningkatan mutu kualitas SDM baik dosen maupun mahasiswa secara akademik. Karena dengan bergabungnya menjadi Branch IEEE Indonesia Section jurusan Teknik Informatika banyak mendapatkan keuntungan seperti publikasi, riset, serta kegiatan-kegiatan IEEE yang melibatkan mahasiswa.

DSC_3449DSC_3396

[wzslider autoplay=”true”]