Info Fakultas
Selasa, 30 Nov 2021
  • Pelayanan Akademik selama PPKM dilakukan secara Online/ Daring kecuali hari Senin dan Kamis bisa dilayani dengan offlinePendaftaran KKN Semester Ganjil dibuka mulai 20 Agustus 2021Pelaksanaan Wisuda periode Agustus 2021 dilakukan secara Daring

Tips Membangun Karier Sebagai Sarjana

Diterbitkan : - Kategori : Artikel / Slider

JAKARTA – Tidak pernah terlalu cepat untuk berbicara tentang karier. Bahkan ketika masih kuliah sekalipun, kita harus sudah mempersiapkan diri sehingga lebih mudah membangun karier ketika sudah sarjana nanti.

Dikutip dari Her Career, Senin (16/2/2015), berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan para sarjana dalam membangun karier mereka.

1. Magang

Kamu harus memiliki pengalaman profesional sebelum memulai kerja profesional, misalnya melalui magang. Dengan magang, kita akan bertemu banyak orang baru, menjalin hubungan serta melihat tugas dan tanggungjawab pegawai yang dimiliki. Magang juga membantu kita menyaring posisi kerja yang menarik.

2. Bicara pada profesional

Berbicara dan bertukar pikiran dengan para profesional karier akan membantu kita dalam menemukan karier. Pembicaraan dengan mereka dapat memberikan kepercayaan diri dan berbagai gagasan tentang karier sesuai bidang yang kita tekuni.

3. Kegiatan ekstrakurikuler

Cari dan ikutilah kegiatan ekstrakurikuler di kampus sesuai bidang yang kita minati. Kegiatan ini dapat memberikan pengetahuan lebih dan membangun curriculum vitae kita menjadi lebih baik. Pastikan untuk tetap aktif dalam beberapa kegiatan, organisasi dan pekerjaan sukarelawan.

4. Kuliah yang relevan

Jurusan yang kita pilih akan menjadi tangga dalam membangun karier. Setelah cukup berpengalaman di lapangan, pilihlah aktivitas lain di semester akhir. Misalnya, mengasosiasikan proyek dan tugas kuliah dengan pekerjaan masa depanmu dan bagaimana teori dari kelas dapat digunakan di dunia kerja.

5. Membaca koran dan mencari pekerjaan

Bacalah sebanyak mungkin koran. Selain itu, carilah berbagai lowongan pekerjaan yang menarik minatmu. Jika kesulitan mengatur waktu kerja dengan kuliah, ambillah pekerjaan lepas (freelance).

Banyak keuntungan yang bisa kita petik dengan mulai membangun karier sedini mungkin. Bagaimanapun juga, kita masih memiliki waktu guna memperbaiki pilihan yang tidak tepat. Bangun jaringan dengan kuat guna memantapkan perjalanan karier. Semoga berhasil!

 

Sumber : Kampus Okezone