Info Fakultas
Sabtu, 31 Jul 2021
  • Pelayanan Akademik selama PPKM dilakukan secara Online/ Daring diperpanjang sampai 30 Juli 2021Wisuda Periode Agustus 2021 : 28 Agustus 2021Pendaftaran yudisium paling lambat : 27 Juli 2021Yudisium Fakultas : 28 Juli 2021Yudisium Universitas : 30 Juli 2021

Saatnya Kuliah, Saatnya Packing Ngekos

Diterbitkan : - Kategori : Artikel / Slider

Kurang dari sebulan, mahasiswa baru alias maba akan memulai perkuliahan. Maba yang mendapat kampus jauh dari kampung halaman pun sibuk packing barang-barang yang akan mereka bawa ke kampus tujuan.

Saat packing untuk ngekos saat kuliah, prinsip less is more cukup tepat diterapkan. Pasalnya, kita enggak tahu akan mendapat kamar kos atau asrama seperti apa. Daripada menyesal karena membawa terlalu banyak barang, buatlah daftar barang yang dibutuhkan untuk ngekos. Selebihnya, cek daftar ini untuk mengetahui barang apa saja yang sebaiknya tidak dibawa ngekos.

1. Set stereo besar

Punya stereo besar memang asyik ya. Tapi kita tentu enggak mau meja belajar penuh oleh seperangkat stereo system atau teman sekamar terganggu dengan suaranya kan? Speaker iPod rasanya cukup untuk di kamar kos.

2. Pajangan imut

Koleksi bola salju atau action figure memang bagus untuk dipajang. Tetapi di kamar kos, mereka hanya akan menampung banyak debu.

3. Semua koleksi buku

Pikirkan lagi deh, perlukah memboyong tujuh seri Harry Potter ke kosan? Sering kali, segudang aktivitas di kampus akan membuat kita kesulitan mencari waktu untuk membaca buku.

4. Peralatan masak mahal

Tidak hanya dilarang oleh sebagian asrama dan rumah kos, oven, pemanggang mini (grill), pemanggang roti (toaster) dan peralatan masak elektronik lainnya tidak kita butuhkan. Demikian disitat dari Her Campus, Selasa (13/8/2013).

5. Barang terlarang

Cek ke pengelola asrama atau rumah kos tentang barang apa saja yang dilarang untuk dibawa.

6. Hewan peliharaan

Di rumah, kita bisa saja merasakan kesenangan bermain dengan hewan peliharaan. Tetapi membawanya ke kamar kos atau asrama hanya akan membuat kamar kita bau dan tidak nyaman ditinggali. Bahkan, bisa jadi hewan peliharaan ini juga dilarang untuk dibawa.

7. Boneka binatang

Koleksi boneka binatang mungkin telah menemani tidur kita selama bertahun-tahun. Tetapi sebaiknya mereka tidak dibawa ke kamar kos. Jika masih ingin membawanya, pilihlah satu yang paling menjadi favorit.

9. Printer

Rasanya memiliki printer sendiri akan sangat membantu, ya. Tapi bisa jadi kita malas mengganti tintanya yang sudah habis. Selain itu, di sekeliling kampus akan banyak jasa print yang bisa kita manfaatkan.

10. Penyedot debu

Penyedot debu ukuran besar tidak perlu kita bawa, apalagi jika kamar kita kecil. Bawalah penyedot debu berukuran mini atau berbentuk stik.

11. Furnitur

Jika kamar kita sudah dilengkapi furnitur standar seperti tempat tidur, lemari, meja dan kursi belajar, tidak perlu repot membawa furnitur tambahan. Perlu diingat, ukuran kamar kos atau asrama biasanya tidak terlalu besar. Jadi jangan sampai kamar menjadi sesak oleh tumpukan furnitur.

12. Membawa barang yang dibawa teman sekamar

Diskusikan dengan teman sekamar, siapa yang akan membawa apa agar efektif dan efisien.

 

sumber :