Info Fakultas
Sabtu, 31 Jul 2021
  • Pelayanan Akademik selama PPKM dilakukan secara Online/ Daring diperpanjang sampai 30 Juli 2021Wisuda Periode Agustus 2021 : 28 Agustus 2021Pendaftaran yudisium paling lambat : 27 Juli 2021Yudisium Fakultas : 28 Juli 2021Yudisium Universitas : 30 Juli 2021

Tips Mengerjakan Tugas Akhir Tepat Waktu

Diterbitkan : - Kategori : Artikel / Slider
Tugas akhir adalah hambatan terbesar bagi kebanyakan mahasiswa yang menyebabkan tertundanya wisuda mereka. Alasannya pun beragam mulai dari kurang waktu, bosen, kurang ide sampai frustasi karena dosen pembimbingnya sangat sulit untuk ditemui. itu merupakan hal yang sering dikeluhkan para mahasiswa. Bagi yang ingin mengerjakan  tugas akhir tepat waktu, kita punya sedikit saran yang mungkin bisa membantu kita dalam mengerjakan tugas akhir tepat waktu:
  • Memilih topik lebih awal. ide bisa datang kapan saja, jadi jangan menunggu dead line baru memikirkan topik tugas akhir kita. selagi ada ide mulailah mengeksplore ide-ide yang terlintas di otak kita. sehingga saat semester pengerjaan tugas akhir tiba kita tidak stress karena memikirkan topik untuk tugas akhir kita.
  • Jangan DIAM. Kalau tidak bisa melaju kencang, berlarilah. Kalau tidak bisa berlari, berjalan cepat, atau merangkak kalau perlu. Yang pasti, jangan cuma berkutat di Bab yang melulu itu. Kalau Anda mahasiswa teknik, pasti sudah tidak asing dengan reverse engineering. Bukan, bukan re itu, tapi mengerjakan Bab 4 duluan baru Bab 2 dan 3. Artinya, programnya sudah jadi duluan, baru ada desainnya. Seperti membangun rumah sebelum merancang pondasi.
  • Cari tau tentang dosen pembimbing. kalau dapat dosen pembimbing yang perhatian sih enak, kalau dapat yang separuh hati siap-siap untuk banyak kecewa. maka dari itu kita harus cari tau tentang dosen pembimbing kita. mulai dari nomer handphone sampai alamat rumahnya. karena dia adalah orang yang akan membantu anda dalam penyelesaian tugas akhir anda. sekali-kali traktirlah biar hatinya luluh buat bantuin kita.
  • Tetap semangat!!. semangat adalah salah satu hal terpenting dalam tugas akhir. kalau semangat sudah hilang pasti tugas akhir akan terbengkalai. jadi jagalah semangat anda. SEMANGKA……..Semangat Kakak!!!
  • Bergaul dengan teman-teman yang tepat. ini jadi hal pendukung yang penting, karena jika dosen pembimbing anda sedang sibuk, teman adalah guru terdekat anda.
  • Dan hal yang paling penting dari itu semua adalah jagalah kesehatan. ini adalah hal yang sangat penting. kalau anda sakit gimana bisa mengerjakan tugasnya?. mulailah pola hidup sehat. makan makanan yang bergizi, dan kalau bisa tepat waktu, jangan tidur terlalu larut. dan sesekali berolah raga, agar tubuh menjadi bugar.
  • yang terahir Berliburlah. ini juga adalah hal sepele yang sangat membantu. saat kita sudah  strees, hiburan menjadi obat yang paling ampuh.

Semoga bermanfaat….!!

Sumber : Flas Aerob