Info Fakultas
Sabtu, 23 Okt 2021
  • Pelayanan Akademik selama PPKM dilakukan secara Online/ Daring kecuali hari Senin dan Kamis bisa dilayani dengan offlinePendaftaran KKN Semester Ganjil dibuka mulai 20 Agustus 2021Pelaksanaan Wisuda periode Agustus 2021 dilakukan secara Daring

Perbedaan Jurusan Teknik Informatika Dengan Sistem Informasi

Diterbitkan : - Kategori : Artikel / Slider
Dari kita banyak yang bingung membedakan masing-masing ilmu komputer. Apalagi dalam memilih jurusan yang terkait dengan teknologi informasi pada saat akan masuk kuliah. Bagi orang awam setiap rumpun ilmu tersebut terkesan sama, padahal rumpun ilmu tersebut sangat berbeda cakupan pembahasannya. perbedaan jurusan teknik informatika dan sistem informasi mungkin mirip dengan perbedaan jurusan kedokteran dan ilmu kesehatan masarakat. yang satu lebih bersifat teknis, satunya lebih bersifat manajerial. Dokter bertugas mengobati orang sakit, sarjana kesehatan masyarakat bertugas mengelola rumah sakit (menjadi kepala rumah sakit biasa di sebut bos dokter).

 

Apakah Sistem informasi dan Teknik informatika itu sama?

Jelas berbeda. Mungkin beberapa dari kita beranggapan bahwa jurusan Sistem informasi tidak berbeda jauh dengan jurusan lain seperti Teknik informatika. Padahal memang sangat jauh berbeda. Mungkin dengan sedikit penjabaran, kita bisa tahu apa bedanya Jurusan Sistem Informasi dengan jurusan lain.

Di Indonesia sendiri hanya ada tiga jurusan saja yang mempelajari kurikulum tentang komputer, yaitu :

  1.  Computer Science untuk jurusan Teknik informatika atau Ilmu komputer.
  2. Computer Engineering untuk jurusan Sistem komputer atau Teknik komputer
  3. Information System untuk Jurusan Sistem informasi atau Manajemen informatika

Terkadang banyak dari mahasiswa baru yang bingung membedakan jurusan Teknik informatika dan Sistem informasi dan banyak juga orang–orang yang beranggapan bahwa kedua jurusan ini sama. Padahal jelas-jelas kedua jurusan ini sangat berbeda sekali cara mempelajari ilmunya.

Penjabarannya sebagai berikut:Information Systems (Sistem Informasi)

Jurusan ini mempelajari tentang bagaimana membangun dan menerapkan teknologi informasi dengan proses bisnis yang ada saat ini, sehingga suatu bisnis akan dapat dengan efektif mencapai tujuannya dengan menerapkan IT dalam bisnis.

Computer Science (Teknik Informatika)

Jurusan ini mempelajari tentang bagaimana mengembangkan computer vision, robotica, intelligence system, dan hal-hal lainnya yang terkait dengan pengembangan komputer di masa yang akan datang.

Jelas kedua jurusan ini sangat berbeda dimana SI mempelajari tentang management IT dan TC mempelajari tentang pengembangan komputer. Tapi yang jelas setiap jurusan memiliki batasan ruang keahlian.

*Sumber: http://edukasi.kompasiana.com