Laboratorium Teknik Mesin

Laboratorium di lingkungan Teknik Mesin terdiri atas :

Laboratorium Bioenergi

Laboratorium Bioenergi merupakan satu-satunya laboratorium penelitian (research laboratory) yang ada di Jurusan Teknik Mesin UJB. Laboratorium ini khusus mengkaji dan meneliti produksi energi/bahan bakar dari biomassa dan sampah (waste to energy) baik dalam bentuk bahan bakar cair, padat, maupun gas. Beberapa riset yang sedang dikerjakan di laboratorium ini antara lain pirolisis sampah plastik dan ban, gasifikasi biomassa, upgrading biomassa dan batubara dengan proses torrefaksi dan pembriketan, serta pengembangan gasifier stove dan burner berbahan bakar biomassa. Peralatan yang sudah tersedia antara lain : unit pyrolysis apparatus, cold model internally circulating fluidized bed gasifier, gasifier stove, dan biomass burner. Laboratorium ini juga telah bekerjasama dengan beberapa institusi/perusahaan antara lain Center for Waste Management & Bioenergy, Aneka Mesin, PT. SSE, pabrik pellet biomassa di Bantul dan Boyolali.

Laboratorium Gambar

meja gambar3 Laboratorium Gambar berfungsi untuk menggambar mesin yang dilengkapi dengan meja gambar.

Laboratorium Otomotif

lab otomotif  Laboratorium Otomotif ini terbagi menjadi 3(tiga) bagian.1.Motor bakar :Mengetahui cara kerja mesin ,kelistrikan,memperbaiki Chasis (misal:kemudi,ban  dsb).2.Penerangan : Mengetahui tentang lampu-lampu3.Kelistrikan     :Mengetahui tentang kelistrikan motor dan mobil.

Laboratorium Prestasi Mesin

IMG_8668 Laboratorium Prestasi Mesin adalah sarana pengujian dan pengkondisian udara ,yang meliputi suhu,tekanan pompa dll.

Laboratorium Fenomena Dasar Mesin

IMG_8652

 Laboratorium Fenomena Dasar Mesin adalah merupakan salah satu laboratorium dari 7 laboratorium yang dimiliki oleh jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Janabadra. Laboratorium Fenomena Dasar Mesin Agar mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu yang telah didapat dengan cara dipraktekkan ataupun terjun kelapangan untuk menerapkan teori hingga pembuatan laporan. Dengan hasil yang didapatkan sangat besar antara lain:

a) Mengetahui dan memahami mekanisme system transmisi,
b) Mengetahui karakteristik defleksi.
c) Mengetahui dan memahami mekanisme turbin pelton.
d) Memahami mekanisne dari percobaan Bernoulli.

Memberikan pelatihan praktek kerja kepada Mahasiswa Teknik Mesin. Sehingga mahasiswa dapat memahami dan menerapkan teori hingga pembuatan laporan dengan hasil yang didapatkan sangat besar untuk mengetahui cara dan urutan kerja:

1)  System transmisi ;

  • Menghitung jumlah gigi pada roda gigi gearbox.
  • Mengetahui kerja dari system transmisi.
  • Menghitung diameter pulley.
  • kecepatan motor.
  • Input dan output dari system transmisi.

2)  Defleksi ;

  • Meneliti bahan yang digunakan.
  • Meneliti defleksi yang terjadi.
  • Menghitung defleksi yang terjadi.

3)    Turbin pelton ;

  • Mengukur tinggi air jatuh.
  • Menghitung putaran turbin.
  • Menghitung daya Turbin.

4)     Bernoulli :

  • Menghitung kecepatan aliran.
  • Menentuk Aliran yang terjadi.

Laboratorium Fenomena Dasar Mesin ini Selain untuk melatih ketrampilan dalam kegiatan praktikum mahasiswa, juga sering digunakan untuk sarana melakukan suatu penelitian dan tugas akhir jurusan teknik Mesin di lingkungan Fakultas Teknik. Selain itu juga sebagai tempat kegiatan penelitian/pengabdian bagi para dosen jurusan teknik Mesin pada Fakultas Teknik Universitas Janabadra Yogyakarta.

Laboratorium Material Teknik

IMG_8662 Laboratorium Material Teknik untuk menguji sifat fifis dan mekanis material dengan variabel perbedaan temperatur.

Laboratorium Proses Produksi

lab proses produksi5 Laboratorium Proses Produksi adalah merupakan salah satu laboratorium dari 7 laboratorium yang dimiliki oleh jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Janabadra.Laboratorium Proses Produksi ini mempunyai Fungsi utama sebagai sarana Praktikum yaitu : Memberikan pelatihan praktek kerja kepada Mahasiswa Teknik Mesin tentang cara-cara pengerjaaan logam dan pembuatan berbagai bagian mesin dengan peralatan tangan atau dengan mesin-mesin perkakas, sehingga mahasiswa dapat memahami sifat-sifat logam, mengetahui cara dan urutan kerja dalam penggunaan alat atau mesin perkakas, berbagai mesin las dan cara kerja pengelasannya, berbagai jenis alat ukur presisi maupun hal-hal yang berkaitan dengan proses produksi / pembuatan suatu komponen. Laboratorium ini dilengkapi dengan beberapa : mesin bubut, mesin frais, mesin bor, mesin skrap, mesin pres, mesin rol dan tekuk, mesin gerinda, mesin las listrik dan las karbit, dan beberapa alat kerja bangku.Laboratorium Proses Produksi ini Selain untuk melatih keterampilan dalam kegiatan praktikum mahasiswa, juga sering digunakan untuk sarana pengerjaan tugas merencana mesin dan tugas akhir para mahasiswa. Selain itu juga sebagai tempat pengerjaan pembuatan barang pada kegiatan penelitian/pengabdian bagi para dosen Mesin. Serta merupakan tempat untuk pembuatan dan atau perbaikan alat/mesin dari beberapa laboratorium yang lain di lingkungan Fakultas Teknik UJB.

Laboratorium Computer Numeric Control (CNC)

Jpeg Laboratorium CNC dipersiapkan bagi mahasiswa untuk mempelajari permesinan berbasis computer numerical control. Laboratorium ini dilengkapi dengan Alat Simulator Mesin CNC menggunakan perangkat lunak CutViewer dan Swansoft untuk mempelajari pemrograman CNC sebelum dihubungkan dengan mesin sesungguhnya. Ke depannya laboratorium ini akan dilengkapi dengan berbagai jenis mesin CNC baik milling maupun turning.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *