Himpunan Mahasiswa Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Janabadra (HMS FT UJB) mengadakan kegiatan Civil Live Week (CLW) 2019. Kegiatan ini mengangkat tema besar ‘We Save The Eart, We Save Our Self’.

Ketua Umum CLW 2019 Didit Istiyawan mengatakan, CLW terdiri sejumlah event yakni turnamen badminton dan futsal bagi mahasiswa se-UJB, seminar nasional bertema ‘Mengatasi Krisis Tenaga Ahli Konstruksi di Indonesia’ menghadirkan pembicara kunci, Kepala Balai Penerapan Teknologi Konstruksi, Ditjen Bina Konstruksi, Kementerian PUPR, Cakra Nagara ST MT ME.

Selain itu diadakan lomba rancang bangun hunian urban diperuntukkan bagi siswa Jurusan Teknik Bangunan se-DIY dan sekitarnya. Puncaknya adalah Civil Life Festival (Cilafest) di PKKH UGM menampilkan perform dari Nufi Wardhana, Bravesboy dan Langit Sore. “Cilafest ini merupakan puncak dari CLW 2019,” terang Didit kepada KRJOGJA.com disela Cilafest, Sabtu (7/12/2019).

Menurut Didit tema ‘We Save The Eart, We Save Our Self’ dipilih karena tingginya angka polusi udara di Yogyakarta. Melalui CLW ini pihaknya mengajak semua elemen masyarakat untuk mengurangi polusi melalui gerakan menanam pohon. Kemudian lewat lomba rancang bangun, HMS UJB mengajak adik-adik SMK untuk membuat desain bangunan yang ramah lingkungan.

Ketua HMS UJB Fadhya Razzaq Bagaskhaula mengatakan, kegiatan CLW 2019 ini merupakan event terbesar HMJ UJB. Banyak manfaat yang diperoleh mahasiswa Teknik Sipil UJB menyelenggarakan event ini terutama punya pengalaman menyelenggarakan event-event besar. “Kegiatan ini bisa dibilang gebrakan dari HMS UJB juga UJB secara umum agar lebih dikenal luas oleh masyarakat,” katanya.

Sedangkan Dekan Fakultas Teknik UJB, Titiek Widyasari sangat mengapresiasi mahasiswa HMS UJB berhasil menyelenggarakan kegiatan CLW 2019 yang cukup besar. Menurutnya, kegiatan ini sangat efektif meningkatkan kreativitas mahasiswa serta mengasah kecakapan dalam berorganisasi.